Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Rp 7 Triliun BLT DD Sudah Dikucurkan di Jateng, Diharap Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

MURIANEWS, Kudus – Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) pada masyarakat terdampak pandemi diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal III dan IV di Jawa Tengah.

Hal tersebut, dikarenakan bantuan yang diberikan pada masyarakat, bisa mendorong pertumbuhan di segi permintaan masyarakat. Terlebih, pemberian BLT DD akan diperpanjang hingga bulan Desember 2020 mendatang.

“Masyarakat dapat uang, kemudian dia membelanjakan, ada perputaran ekonomi di sana,” kata Kepala Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan Jateng Sulaimansyah, usai menghadiri workshop evaluasi, monitoring, penyaluran, dan penggunaan Dana Desa di Kudus, Selasa (20/10/2020).

Walau demikian, ada sejumlah pertimbangan terkait cukup tidaknya Dana Desa di sejumlah desa di wilayah Jawa Tengah yang diperuntukkan BLT DD.

“Soal ini nanti ada PMK (peraturan Menteri Keuangan), bagaimana sistem nanti untuk yang DD-nya sudah tidak cukup untuk digunakan BLT, atau yang masih lebih,” katanya.

Di Jawa Tengah sendiri, Jumlah DD yang sudah disalurkan kepada 29 kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk keperluan BLT DD sendiri mencapai Rp 7,009 triliun. Jumlah tersebut, diperuntukkan kepada 7.809 desa.

Sementara khusus untuk Kudus sendiri, sudah disalurkan sebanyak Rp 118.665.112.000. Atau sekitar 80,27 persen dari pagu sebesar Rp 147.823.461.000. “Data tersebut per 30 September kemarin,” ujarnya.

Yang masih menjadi pekerjaan rumah lainnya, kata dia, adalah sinkronisasi pelaporan penyaluran BLT DD yang kerap terhambat dari pihak kabupaten ke provinsi. Soal ini, diakui memang kerap terjadi.

“Di Kudus sendiri catatan kami pada pencairan tahap enam masih belum masuk, tapi di lapangan ternyata sudah ada puluhan desa yang sudah, intinya tinggal rekonsiliasi saja,” jelas dia.

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI Musthofa yang turut hadir dalam acara tersebut meminta agar penyaluran BLT DD bisa tepat sasaran. Sehingga manfaat yang dirasakan benar-benar terasa.  “Terlebih saat pandemi seperti ini,” kata dia.

Lebih luas, pihaknya juga berharap penggunaan Dana Desa juga bisa dimaksimalkan sebaik-baiknya. Terlebih ada dana yang memang bersumber dari APBN. “Terus dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...