Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ikuti Bupati Cup, Sembilan Dalang Cilik Pati Adu Kelincahan

MURIANEWS, Pati – Sembilan dalang cilik di Kabupaten Pati mengikuti adu ketangkasan dalam ajang Bupati Cup 2020. Dengan memainkan wayang di Aula SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, masing-masing dari mereka memamerkan kemampuannya.

Acara yang dihelat secara virtual itu sekaligus juga untuk memperingati Hari Wayang Sedunia. Bupati Pati Haryanto pun turut hadir dan membuka acara tersebut. Menurutnya, lomba wayang ini adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya jawa.

“Kita ini terlahir di Jawa, jangan sampai lupa dengan budayadan, tradisi, dan kesenian khas. Termasuk lomba wayang ini adalah salah satu cara untuk melestarian budaya. Dengan menggandeng anak-anak kecil ini, tentunya agar mereka lebih paham bahwa kita punya budaya yang unggul,” katanya, Senin (19/10/2020).

Haryanto menambahkan, anak-anak sejak dini mungkin juga harus dikenalkan dengan kesenian tradisional seperti ini. Dengan begitu, kedepannya ada generasi penerus sehingga kesenian tidak putus.

“Dengan ikut secara langsung seperti ini, tentunya mereka akan lebih mencintai kesenian wayang,” ungkapnya.

Dirinya juga berpesan agar anak-anak jangan hanya fokus pada pedalangan semata. Akan tetapi nilai akademik di sekolah juga patut diperhatikan agar keduanya berjalan seimbang.

Menanggapi ikhwal dunia wayang, menurutnya wayang memiliki nilai filosofi yang sangat bagus di dalam kehidupan manusia.

“Dalam pewayangan, dapat menggambarkan dan membentuk karakter manusia di dunia. Selain itu, dalam pewayangan menceritakan arti kehidupan secara kias,” jelas Bupati.

Selain diikuti dalang cilik yang masih duduk di bangku sekolah dasar, nantinya juga digelar lomba dalang dengan peserta remaja yang sudah duduk di bangku SMP sederajat.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editir: Supriyadi

Comments
Loading...