Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seleksi Usai, Bageng Akhirnya Ditetapkan Jadi Desa Wisata di Pati

MURIANEWS, Pati – Setelah melalui beberapa tahap seleksi dan verifikasi lapangan, akhirnya Desa Bageng, Kecamatan Gembong terpilih sebagai desa wisata tahun 2020. Penetapan ini setelah keluarnya Surat Keputusan (SK) Bupati Pati Nomor 556/3173 Tahun 2020.

Sebelumnya, ada dua desa yang dilakukan seleksi untuk ditetapkan sebagai desa wisata, yakni Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal dengan potensi wisata alam embung mini dan air terjun Grenjengan sewu. Sementara Desa Bageng mempunyai potensi wisata jeruk pamelo, Air Terjun Banyu Lawe dan wisata edukasi kopi.

Kepala Desa Bageng Kusmanto mengatakan, sebelumnya yang dilakukan penilaian lapangan adalah Argrowisata jeruk pamelo dan air terjun banyu lawe. Dirinya tidak menyangka kalau desanya tersebut terpilih sebagai desa wisata tahun ini.

“Kami sangat bersyukur dengan diterbitkannya SK penetapan Bageng sebagai desa wisata itu. Upaya ini telah melibatkan semua elemen masyarakat, termasuk dalam pengelolaanya,” kata Kusmanto, Senin (19/10/2020).

Untuk menjadi desa wisata itu, lanjutnya, memang membutuhkan banyak persiapan sebelum adanya penilaian. Namun, berkat kerja keras semua elemen masyarakat, akhirnya mendapatkan kemenangan.

Dia menambahkan, setelah terpilih sebagai desa wisata, pihaknya akan mengembangkan secara maksimal. Termasuk penambahan infrastruktur yang memadai, sehingga pengunjung tetap puas dengan suasana yang ada.

“Ada beberapa pihak yang berperan aktif untuk memajukan desa wisata ini. Termasuk dari pendanannya, kami mengambilkan dari BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” terangnya.

Dirinya berharap, dengan ditetapkannya Bageng sebagai desa wisata, nantinya dapat menambah pendapatan desa. Selain itu juga bisa menjadi motor penggerak perekonomian warga. Sehingga taraf hidup masyarakat semakin baik.

“Ini awal yang baik. Semiga kedepannya semakin maju dan desa wisata ini mampu memberikan dampak positif bagi warga,” harapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...