Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lepas Masker Saat Makan Tak Boleh Sembarangan, Begini Caranya

MURIANEWS, Kudus – Masker menjadi hal wajib bagi kita untuk mencegah agar tertular Covid-19. Namun saat makan, mau tidak mau masker tetap harus dilepas.

Namun saat melepas masker ini, ada cara yang harus diikuti, agar masker tersebut tidak terkontaminasi dengan virus.

Ketua Gugus Tugas Covid RS Aisyiyah Kudus dr Agus Prastyo mengatakan, ada cara melepas masker dengan cara aman. Menurutnya saat makan, masker tidak boleh ditanggalkan di telinga, di gantungkan di dagu, maupun dilepas dan diletakkan di meja begitu saja.

“Biasanya pas tidak dipakai kan ada yang ditaruh di atas kepala. Kadang diletakkan di dagu, di gantungkan di salah satu telinga, bahkan di taruh di meja. Itu tidak dianjurkan karena bakteri bisa menempel di masker,” katanya saat ditemui MURIANEWS, pada Senin (19/10/2020).

Dia memberikan contoh, hendaknya masker dilipat, lalu dibungkus dengan tisu. Setelah itu masker disimpan di saku. Hal itu untuk meminimalisir bakteri supaya tidak menempel di masker itu sendiri.

Menurut Agus, di area muka, telinga, dagu, mata dan meja bisa jadi terdapat bakteri. “Jadi lebih amannya itu masker dilipat jadi dua. Lalu dibungkus tisu bersih. Dan kalau ada saku dimasukkan saku,” terang dia.

Pria kelahiran Kudus, 19 April 1987 itu juga menganjurkan penggunaan masker yang standar. Yakni masker bedah atau masker N95. Dia tidak menganjurkan pemakaian masker scuba maupun buff. Pasalnya kedua masker itu tergolokg tipis. Efektivitasnya hanya 10 sampai 20 persen.

“Pakainya yang standar. Kalau sudah standar pakainya yang benar. Menutupi keseluruhan hidung, mulut, dan dagu,”ujarnya.

Durasi pemakaian masker juga harus diperhatikan. Menurut dia idealnya pemakaian masker kain dilakukan paling lama delapan jam. Setelah itu masker dicuci dengan cara direndam, setelah itu dijemur dan boleh dipakai lagi.

Kepada MURIANEWS, Agus mengatakan agar masyarakat tetap menaati 3M. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Tentunya tetap patuhi protokol kesehatan dan terus meningkatkan kesadaran terhadap 3M,” harapnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...