Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gempa Berkekuatan 3,0 Guncang Dieng

MURIANEWS, Banjarnegara – Gempa bumi magnitudo berkekuatan 3,0 skala richer (SR) mengguncang wilayah dataran tinggi Dieng dan sekitarnya, Senin (19/10/2020), pukul 10.55 WIB. Gempa bumi tektonik tersebut terjadi di darat dengan jarak 16 km utara Dieng.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini terjadi di kedalaman 17 km. Sedangkan Episenter gempa terletak pada koordinat 7,10 LS dan 109.85 BT.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menjelaskan, dilihat dari jenis dan mekanismenya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang belum teridentifikasi (blind fault).

“Bisa jadi merupakan bagian dari sistem sesar baribis kendheng, mengingat epicenter terletak di tenggara segmen baribis kendheng segmen pekalongan,” ungkap Setyoajie seperti dikutip Sindonews.com.

Sementara, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah dataran tinggi Dieng. Beberapa di antaranya dirasakan di Pos PGA Dieng. Bahkan benda-benda ringan yang digantung pun dilaporkan sempat bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ujarnya

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: BMKG, Sindonewsw.com

Comments
Loading...