Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Ada 62 Kasus Corona Baru di Jepara Selama Sepekan

MURIANEWS, Jepara – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara mencatat ada 62 kasus baru terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 selama sepekan terakhir. Penambahan ini terjadi menyusul penelusuran atas kasus-kasus yang terjadi di Kabupaten Jepara.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Moh Ali menyebutkan penambahan itu merupakan jumlah total mulai 12 Oktober 2020 hingga 18 Oktober 2020. Jumlah ini termasuk satu kasus baru yang menimpa warga luar Jepara.

”Untuk jumlah kasus terbanyak terjadi pada Rabu (14/10/2020). Dari hasil laboratorium swab yang diterima, di hari itu ada 16 kasus baru,” katanya, Senin (19/10/2020).

Dengan penambahan tersebut, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jepara secara keseluruhan mencapai 1.957 kasus. Sedangkan kasus yang melibatkan warga masyarakat Jepara jumlahnya mencapai 1.876, sisanya merupakan warga dari Jepara.

Dari jumlah 1.866 warga Jepara, sampai saat ini masih ada 143 orang yang statusnya dalam penanganan. Sementara 1.583 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 150 orang diketahui meninggal dunia.

“Untuk perkembangan kasus baru terkonfirmasi positif covid di Kabupaten Jepara memang masih terus terjadi. Dalam sepekan terakhir kalau ditotal jumlahnya mencapai 62 orang. Ini termasuk satu kasus yang melibatkan warga dari luar Jepara,” ujar Moh Ali, Senin (19/10/2020).

Dari kasus-kasus yang muncul, Satgas Penanganan Covid-19 Jepara masih akan terus melakukan penelusuran. Kasus-kasus yang saat ini muncul, sebenarnya sebagian besar juga merupakan hasil tracing yang dilakukan.

Dari proses tracing dan traking kemudian didapatkan sejumlah pihak yang menjadi kontak erat. Selanjutnya dilakukan swab dan diketahui hasil-hasilnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jepara Abdul Syukur menegaskan, sampai saat ini pihaknya masih tetap menjumpai ada warga yang belum menerapkan protokol kesehatan.

Di sejumlah lokasi yang dipatroli tim penegakan hukum, setidaknya masih tetap ada orang yang tidak mengenakan masker saat berada di area publik. Hal ini tentu saja sangat disayangkan.

Pemerintah Kabupaten Jepara, dalam hal ini akan terus melakukan upaya-upaya di tengah masyarakat untuk bisa menjadikan protokol kesehatan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat.

Selain melakukan edukasi untuk melaksanakan protokol kesehatan berupa pemakaian masker, cuci tangan dan menjauhi kerumunan, juga akan dilakukan tindakan penindakan terhadap mereka yang masih membandel.

“Masih saja kami temui masyarakat yang masih ngeyel. Meski jumlahnya tidak sebanyak di awal-awal kegiatan penindakan, tapi masih ada. Kami tetap berharap kesadaran masyarakat mengenai masalah protokol kesehatan terus tumbuh. Sehingga penularan Covid-19 bisa ditekan,” ujarnya.

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...