Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kodim Kudus Siapkan Satu Kompi Prajurit Cegah Aksi Anarkisme di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Komando Distrik Militer (Kodim) 0722/Kudus menyiapkan satu kompi siaga untuk mencegah apabila terjadi adanya aksi anarkisme di Kota Kretek.

Dandim Kudus Letkol Kav Indarto mengatakan, jumlah personel yang akan disiagakan bisa mencapai seratus personel. Namun yang selalu siap siaga di Makodim Kudus berjumlah 30 orang.

“Mereka selalu disiagakan di Kodim untuk mengantisipasi dan menanggulangi apabila terjadi aksi anarkisme setiap saat,” kata Indarto, saat ditemui awak media usai deklarasi damai tolak anarkisme di depan Pendapa Kabupaten, Senin (19/10/2020).

Pihaknya juga turut melakukan fungsi pengawasan terkait gerakan-gerakan radikalisme yang bisa mengancam kondusifitas Kota Kretek.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian soal ini, untuk saat ini sendiri masih belum ada,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Indarto, seluruh Babinsa di Kabupaten Kudus turut ditugaskan menjadi agen sosialiasi pencegahan aksi anarkisme di Kabupaten Kudus.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi-aksi anarkisme di Kota Kretek. “Selain tentunya menyosialisasikan protokol kesehatan,” jelas dia.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menegaskan pihaknya tidak melarang adanya aksi demo di Kota Kretek. Hanya memang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kemudian yang terpenting lagi, kata dia, adalah tetap menjaga kondusifitas dan keamanan Kabupaten Kudus. “Jangan rusuh, nanti yang rugi kita sendiri,” tandasnya.

Deklarasi cinta damai tolak aksi anarkisme sendiri, dihardiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Kudus. Kemudian juga dihadiri oleh sejumlah organisasi masyarakat dan organisasi mahasiswa di Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...