Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Raja Kretek Nitisemito Bakal Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

 

MURIANEWS, Kudus – Nitisemito dikenal sebagai Raja Kretek asal Kudus yang mampu mengembangkan perusahaan rokok dengan sistem modern di zamannya. Tak hanya itu, Nitisemito juga disebut sebagai salah satu tokoh yang membantu perjuangan merebut kemerdekaan.

Oleh karenanya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus kini tengah melakukan kajian untuk mengusulkan nama Nitisemito sebagai pahlawan nasional.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Lilik Ngesti mengatakan, sebagai salah seorang pengusaha pribumi yang kaya raya di masanya, ia merasa tidak mungkin Nitisemito tidak ikut membantu perjuangan kemerdekaan RI.

“Apalagi dari pihak keluarga bilang kalau Nitisemito dekat dengan presiden pertama (Soekarno) dan kerap memberi bantuan kepada para pejuang saat itu. Berarti Nitisemito juga ikut berjuang dalam kemerdekaan RI,” katanya

Untuk itu, pihaknya akan menggali lebih dalam terkait sejarah perjuangan Nitisemito dalam membantu kemerdekaan RI.

“Arahnya kami ingin pribumi Kudus itu bisa diusulkan dan  jadi pahlawan nasional. Seperti Raja Kretek Nitisemito, Dr Loekmono Hadi atau bisa juga Sosrokartono. Nantinya akan dibuat deskripsi lengkapnya,” ucapnya.

Salah satu cucu Nitisemito, Yudhi Ernawan mengatakan selama ini sejarah Nitisemito hanya fokus di masa kejayaan dalam industri kretek di Kudus. Perjuangan Nitisemito terhadap kemerdekaan saat ini belum banyak yang mengupasnya.

“Kalau ditelusuri pada saat sidang BPUPKI, itu ada pidatonya Bung Karno yang menyebutkan beberapa nama tokoh, salah satunya yakni Nitisemito. Jadi peran Nitisemito dalam perjuangan kemerdekaan itu memang ada,” ujarnya.

Baca: Menengok Sejarah Kretek di Kudus, Bermula dari Obat Sesak Napas Haji Djamhari

Disinggung terkait usulan Nitisemito untuk menjadi pahlawan nasional, menurutnya, idealnya memang dari pemerintah kabupaten yang mengusulkan dan mereka juga yang berhak mengkaji seberapa pantas jika diusulkan menjadi pahlawan.

“Kami akan mendukung sepenuhnya jika memang ada usulan. Tapi kami sangat berterima kasih kepada pemkab hingga masyarakat Kudus atas penghargaan yang selama ini sudah diberikan berupa penyematan nama beliau sebagai nama jalan di Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...