Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Buku Peninggalan Nitisemito Disiapkan Tempat Khusus di Museum Kretek

MURIANEWS, Kudus – Tiga buku peninggalan raja kretek asal Kudus Nitisemito, sudah dipastikan keasliannya. Buku tersebut kini diserahkan ke Museum Kretek Kudus untuk dirawat.

Pihak museum menyiapkan tempat khusus untuk men-display buku-buku tersebut. Tempat khusus itu berada di ruangan Nitisemito.

Tempat itu kini tengah disiapkan secara khusus, untuk menjaga agar buku tersebut tak rusak. Pasalnya, tiga buku itu sudah berusia puluhan tahun.

Tiga buku tersebut yakni Buku Jurnal Keuangan Nitisemito, Buku Laporan Pemasukan dari Abon, dan buku laporan langganan abon.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Lilik Ngesti mengatakan, tempat untuk ketiga buku tersebut sebenarnya sudah disiapkan. Namun pihaknya masih akan melakukan penyempurnaan, agar buku–buku tersebut bisa dipastikan aman dan tidak rusak.

“Dari kesepakatan diskusi dengan UPTD Museum Kretek, Museum Ranggawarsita dan ahli waris tadi, buku-buku tersebut sementara belum bisa didisplaykan secara langsung di ruangan Nitisemito,” katanya, Sabtu (17/10/2020)

Menurutnya, pihaknya tidak mau mengambil risiko jika terjadi kerusakan pada buku-buku tersebut.

“Karena itu berupa buku yang rentan rusak, seperti adanya jamur, lembab hingga kutu buku. Jadi kami akan persiapkan tempatnya seaman mungkin. Sementara kami display secara virtual dulu, sesegera mungkin pendisplayan virtual akan segera dibuat,” jelasnya.

Selain itu, seminar terkait tiga tersebut juga masih memerlukan kajian terhadap isi-isi detail untuk mengungkap lebih dalam terkait sejarahnya. Pihaknya akan menghadirkan ahli sejarawan, hingga ahli rokok. “Setelah tahu lebih dalam akan segera kami seminarkan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...