Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Petani Muda Asal Kudus Ini Bagikan Tips Sukses Budidaya Melon Hidroponik

MURIANEWS, Kudus – Petani muda asal Kudus, Stefanus Rangga Santoso terbilang sukses lantaran berani keluar dari zona nyaman. Dari yang awalnya mengambil jurusan interior desain di Raffles Design Institute Singapore, memilih banting setir menjadi petani melon hidroponik.

Berkat kesuksesannya itu dia pernah makan bersama Najwa Shihab hingga disambangi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rangga, sapaan akrabnya itu memberikan tips kepada masyarakat yang ingin bertani melon hidroponik. Menurutnya langkah awal jika ingin menjadi petani yakni jangan berorientasi uang terlebih dahulu.

“Pertama tidak boleh money oriented dulu. Jangan berpikiran uang uang dulu. Fokus untuk produksi dulu. Setelah itu harus tekun dan menyiapkan biaya belajar. Karena jadi petani enggak mungkin sekali dua kali langsung berhasil,” katanya, Jumat (16/10/2020).

Baca: Jatuh Bangun Usaha Melon Hidroponik, Petani Muda di Kudus Ini Sekali Panen Bisa Hasilkan 20 Ton

Kepada MURIANEWS, pemuda yang lahir di Semarang itu memberikan tata cara untuk usaha melon hidroponik.

“Setelah panen kami kosongi green house-nya. Terus medianya kami sterilkan. Green house steril, baru kami tanami bibit lagi,” ujarnya.

Rangga juga menekankan kembali bagi yang ingin mencoba usaha melon hidroponik jangan berpikir ke arah uang dulu. “Pokoknya harus tekun dan jangan money oriented dulu,” inbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...