Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diisukan Gelapkan DAK SD 3 Tenggeles, Disdikpora Kudus Angkat Suara

MURIANEWS, Kudus – Belakangan ini beredar isu dugaan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus telah menggelapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) SD 3 Tenggeles sebesar Rp 139 juta.

Dalam pemberitaan yang beredar di sebuah media online, per tanggal 4 Oktober 2020 tertulis jika SD 3 Tenggeles di tahun 2020 mendapatkan bantuan untuk rehab ruangan guru dan mebeler. Namun, karena secara keseluruhan dinilai masih layak, dana akhirnya tidak dicairkan.

Lantas, keterangan tersebut diartikan dengan dugaan bahwa Disdikpora menggelapkan DAK tersebut. Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada menegaskan pemberitaan yang beredar tersebut sepenuhnya salah.

“Itu tidak benar, penulis berita tidak paham alur pencarian DAK. Karena pencairan DAK itu ke masing-masing rekening sekolahan. Kami hanya mengusulkan, dan dana tersebut saat ini dikembalikan ke kas negara, karena bagunannya masih bagus,” katanya , Jumat (16/10/2020).

Terpisah, Kasi Kasi Sarpras Disdikpora Kudus Supriyono juga menegaskan hal yang sama. Ia menjelaskan jika SD 3 Tenggeles memang sebelumnya pernah diajukan untuk mendapatkan DAK.

“Sebelumnya sudah pernah mendapatkan untuk rehab. Dan ternyata tahun ini dapat lagi, karena kondisi sekolah masih bagus jadi tidak jadi dicairkan. Yang memutuskan itukan dari pusat bukan dari kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini dana tersebut ada di kas negara. Menurutnya, saat dilakukan survei kondisi ruangan guru di SD 3 Tenggeles masih dianggap layak, sehingga DAK dibatalkan.

“Kalau jadi dicairkan ya nanti malah kami yang mendapat masalah. Semua itu dari pusat, ini uangnya juga masih di kas negara,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...