Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Izin Operasional Lima Wisata Sungai dan Bendungan di Kudus Masih Berproses

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Kabupaten Kudus kini tengah memproses izin pengelolaan destinasi wisata (DTW) yang memanfaatkan sungai dan bendungan di Kudus. Ada lima destinasi wisata yang menawarkan potensi suangai dan bendungan itu.

Yakni wisata air terjun di Desa Dukuhwaringin, wisata perahu dan jip Bendungan Logung di Desa Kandangmas, wisata river tubing dan kano di Desa Tanjung Rejo, wisata perahu di Desa Temulus, dan wisata river tubing di Desa Jurang.

Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrikah mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan langkah-langkah untuk mengajukan perizinan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Ini mereka baru penyusunan proposal pemetaan lokasi-lokasi wisata. Setelah selesai akan kami ajukan ke BBWS, dan BBWS akan meninjau ke lapangan. Setelah semuanya layak BBWS akan merekomendasikannya ke Kementerian PUPR,” katanya, Jumat (16/10/2020).

Beberapa waktu lalu pihaknya, juga sudah menggelar rapat rencana perizinan tersebut dari berbagai pihak. Mulai dari pelaku DTW, Dinas PUPR, Dinas PKPLH hingga camat yang membawahi masing-masing desa tersebut.

“Jadi semua pihak yang terlibat mengetahui bahwa di wilayahnya tersebut sedang mengurus perizinan DTW yang memanfaatkan sungai dan bendungan,” ujarnya.

Setelah diberikan izin dan resmi bisa beroprasi, para pengelola DTW juga harus bisa memastikan menjaga kebersihan, hingga keamanan para wisatawan yang berkunjung. Masyarakat setempat juga harus ikut serta menjaga kebersihan.

“Kami berharap perizinan ini segera bisa terlaksana, semakin cepat semakin baik. Dan DTW tersebut secara resmi bisa dibuka sesuai dengan kententuan dan persyaratan yang ada,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...