Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

6.214 Orang Daftar Jadi Pengawas TPS Pilkada Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Di luar prediksi, animo pendaftar lowongan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pilkada Grobogan 2020 ternyata cukup tinggi.  Di mana, hingga batas akhir pendaftaran pada 15 Oktober kemarin, totalnya ada 6.214 orang yang mendaftarkan diri jadi PTPS.

Pendaftar PTPS sebanyak ini terdiri dari 3.229 laki-laki dan 2.985 perempuan.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Grobogan Agus Purnama mengatakan, jumlah PTPS yang dibutuhkan sebanyak 2.971 orang sesuai dengan banyaknya TPS pada Pilkada 2020. Artinya, dalam satu TPS diperlukan satu orang PTPS.

Dijelaskan, dengan adanya pendaftar sebanyak 6.214 orang maka pihaknya tidak melakukan melakukan perpanjangan pendaftaran PTPS. Sebab, jumlah pendaftarnya sudah memenuhi dua kali kebutuhan, bahkan lebih.

“Satu-satunya daerah yang tidak melakukan perpanjangan pendaftaran PTPS adalah Kabupaten Grobogan. Sebabnya, kuota pendaftarnya sudah terpenuhi,” jelasnya, Jumat (16/10/2020).

Agus menegaskan, strategi yang digunakan sehingga banyak pendaftar PTPS itu antara lain dengan memberikan mandat kepada Panwaslu Kelurahan/Desa untuk terjun melakukan publikasi kepada masyarakat.

Selain itu, Panwaslu Kecamatan juga melakukan publikasi pengumuman yang ditempel di kantor kelurahan/desa dan kantor kecamatan maupun melalui media sosial.

“Dari hasil publikasi tersebut, masyarakat menjadi tahu adanya perekrutan Pengawas TPS ini. Dampaknya, banyak masyarakat yang antusias untuk ikut mendaftar,” sambungnya.

Agus menambahkan, untuk pengumuman PTPS terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan pelantikan PTPS terpilih pada 16 November 2020.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...