Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Produksi Melimpah, Ini Tujuh Komoditas yang Dikembangkan Petani Pati

MURIANEWS, Pati – Produksi pertanian lokal di Kabupaten Pati cukup melimpah. Bahkan untuk mencukupi kebutuhan pokok di bumi kina tani pun, cenderung berlebih.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Pati Muhtar Efendi mengatakan, untuk komoditas pangan sendiri ada tujuh kategori yang dibudidayakan oleh para petani. Di antaranya adalah Padi, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Kedelai, Jagung, umbi kayu, dan umbi jalar.

“Produksinya cukup melimpah. Kalau padi sendiri, kami masih mempuntai dua kategori, yakni padi sawah dan padi ladang. Masing-masing hasil produksinya berbeda. Tapai kalau total ada 644 ribu ton,” katanya, Jumat (16/10/2020).

Produksi tertinggi kedua setelah padi adalah komoditas umbi kayu. Dalam setiap tahun produksinya mampu mencapai 606 ribu ton. Sementara umbi jalar hanya lima ribu ton.

“Kita tahu sendiri lah, Pati ini kan memang salah satu sentra produksi tepung tapioka. Banyak pabriknya di wilayah Margoyoso. Ini juga menjadi salah satu alasan petani untuk menanam umbi jalar,” ungkapnya.

Kemudian untuk komoditas jagung sendiri, ada sekitar 181 ribu ton yang berhasil diproduksi petani setiap tahunnya. Paling banyak adalah di wilayah Pati selatan dan barat. Komoditas ini juga banyak dikirim ke luar daerah.

Untuk kacang tanah maupun kacang hijau, di Pati diakui memnag tidak begitu banyak. Selain harganya yang cenderung kurang stabil, permintaan dua komoditas ini memang cukup rendah.

“Kalau ketahanan pangan, Pati ini tidak perlu hawatir. Produksi pertanian masih melimpah,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...