Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Punya Infeksi Ginjal, Kakek 74 Tahun di Pati Berhasil Sembuh dari Covid

MURIANEWS, Pati – Sukarso, kakek berusia 74 tahun yang dinyatakan positif Covud-19 dengan penyakit penyerta, kini berhasil sembuh. Dia sendiri memiliki penyakit asam urat dan infeksi ginjal selama puluhan tahun.

Sekilas, memang banyak orang yang tidak menyangka. Lelaki renta yang merupakan warga Desa Panggung Royom RT 04 RW 02 Kecamatan Wedarijaksa itu, masih bisa menjalani hari-harinya dengan kuat. Meskipun selain asam urat, dia juga memiliki diare akut.

Tohari, anak dari Sukarso menceritakan, pada 17 Agustus lalu ayahnya mengalami demam disertai diare serta penyakit asam uratnya memburuk. Sehingga, dieinya memutuskan untuk membawa ayahnya ke RS Fastabiq.

“Masuk di rumah sakit, bapak langsung di-rapid test dan hasilnya reaktif. Setelah itu bapak di-rontgen paru-paru dan hasilnya menunjuk ke Covid-19,” unglapnya.

Dari hasil rontgen itu, Ayahnya langsung dimasukkan ke ruang isolasi Covid-19. Tak lama kemudian, Sukarso di tes swab. Hasilnya terkonfirmasi positif covid.

View this post on Instagram

Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan terus berperilaku hidup bersih dan sehat seiring dengan kasus virus corona yang semakin meluas. Adapun langkah pencegahan dan menjaga diri dari Virus Corona adalah dengan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). #indonesia #jawatengah #murianews #murianewscom #berita #news #foto #jurnalis #wartawan #instagram #instagood #instapic #indonesiahits #indonesianews #kabarnasional #indonesiaupdate #kabarindonesia #infonasional #infoindonesia #viral #hidupsehat #germas #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

“Saya sempat kaget juga saat bapak dinyatakan positif Covid-19. Namun sebelumnya, kan bapak sering ke dokter untuk periksa, jadi kemungkinan tracing-nya, ya dari situ. Bahkan sebelum ke IGD, sempet antre ke dokter dua kali,” jelasnya.

Dengan kondisi itu, memaksa Sukarno harus menjalani isolasi serta perawatan intensif di rumah sakit. Dia hanya mampu berhubungan dengan keluarga dirumah melalui gadget.

Kondisi Sukarso pun semakin membaik setelah menjalani perawatan selama 12 hari ditambah dengan tes swab pada 25 Agustus 2020 yang menyatakan bahwa Sukarso telah negatif Covid – 19. Dengan demikian, Sukarso pun pada 28 Agustus 2020 diperbolehkan pulang.

“Sangat bersyukur karena telah sembuh dari Covid – 19. Namun demikian, dengan penyakit bawaannya, bapak masih terus mendapat perawatan intensif dirumah. Yaitu, dengan menjaga pola makan. Mengkonsumsi susu untuk asam urat, madu dan vitamin renovit gold juga yang masih terus sampai sekarang,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...