Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Di Jateng Baru 17 Daerah Punya Tim Ahli Cagar Budaya

 

MURIANEWS, Kudus – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) menyebut, dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng, baru 17 daerah yang memiliki Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Padahal tim ini yang punya peran penting dalam kajian dan penetapan cagar budaya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sukronedi, Kepala BPCB Jawa Tengah saat ditemui di sela kegiatan penyusunan rencana aksi Jalur Rempah 2021-2024 di Hotel Griptha, Kudus, Kamis (15/10/2020).

“Yang 18 (daerah) belum. Di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 bahwa cagar budaya itu harus melalui penetapan. Kalau tidak ada TACB bagaimana mau melakukan kajian untuk penetapan cagar budaya, hingga perawatan,” ucapnya.

Sementara untuk perawatan cagar budaya, lanjut dia, tergantung di level mana cagar budaya tersebut ditetapkan. Kalau penetapanya, ditingkat kabupaten/kota menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota.

“Jika provinsi yang bertanggung jawab pemprov. Kalau nasional ya kami, dari BPCB seluruh Indonesia. Hasil kajian TACB yang bisa menetapkan itu menjadi cagar budaya di tingkat apa, yang akan menjadi rekomendasi untuk pemimpin baik di kabupaten, provinsi, atau nasional,” ungkapnya.

Pengkajian dan penetapan di tingkat mana yakni berdasarkan nilai sejarah, ilmu pengetahuan, hingga kebudayaan yang menjadi dasar pengkajian itu.

Pihaknya pun berharap pemerintah daerah dan  seluruh elemen masyarakat bisa berkomitmen untuk melestarikan cagar budaya yang ada di masing-masing wilayahnya.

“Masyarakat berusaha semaksimal mungkin dalam pelestarian cagar budaya, tapi pemerintah daerah tidak punya komitmen itu ya percuma. Begitu juga sebaliknya, jadi semua harus sama-sama berkomitmen,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...