Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lima Motif Batik Khas Grobogan Sudah Miliki Hak Paten

 

MURIANEWS, Grobogan – Sejumlah motif batik khas Grobogan saat ini sudah dipatenkan oleh Pemkab Grobogan. Langkah ini dilakukan untuk melindungi motif batik yang merupakan karya cipta sejumlah kelompok usaha bersama (KUB) perajin batik.

Dengan ini diharapkan para perajin batik nantinya mampu berdaya saing di tingkat regional maupun nasional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Grobogan Pradana Setyawan mengungkapkan, sejauh ini, ada banyak motif yang dihasilkan para perajin batik. Dari jumlah itu, sudah ada lima motif batik yang dipatenkan.

Kelima motif yang dipatenkan ini mencerminkan potensi yang ada di Kabupaten Grobogan. Yakni, motif gandri, boyong grobog, Api Abadi Mrapen, Simpanglima Purwodadi, serta pajale (padi, jagung dan kedelai).

“Untuk sementara baru lima motif batik ini yang dipatenkan. Ke depan, akan kami tambah lagi yang dipatenkan. Tidak hanya batik, tetapi juga menjangkau produk UMKM lainnya,” kata pria yang akrab disapa Danis itu.

Menurut Danis, sejauh ini perkembangan UMKM di wilayahnya dinilai cukup bagus. Indikasinya, sampai sekarang sudah ada sekitar 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan.

Terdiri dari 30.565 usaha mikro, 1.344 usaha kecil dan 156 usaha menengah.

Ia menambahkan, sebagai fasilitator dan regulator, pemerintah punya kewajiban untuk melakukan pembinaan dan perlindungan terhadap semua pelaku usaha.

Terutama, perlindungan dan apresiasi terhadap karya dan produk yang telah dibuat pelaku UMKM agar jangan sampai dicuri atau ditiru oleh pihak-pihak yang hanya mengambil keuntungan ekonomi secara tidak benar.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...