Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Siapkan 50 Petugas Vaksin Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Vaksin Covid-19 sampai sejauh ini memang masih belum dipastikan kapan siap dipergunakan. Namun dari sejumlah informasi, vaksin Covid-19 sudah mulai dikembangkan, dan bahkan sudah diujicobakan. Meski demikian, untuk bersiap-siap, Kabupaten Jepara juga sudah menyiapkan petugas vaksinasi jika pada waktunya diperlukan.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jepara Moh Ali menyatakan, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara sudah menyiapkan 50 orang tenaga medis untuk keperluan ini. Hal ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, berkaitan dengan persiapan kegiatan vaksinasi Covid-19, pada waktunya nanti.

“Kapan akan dilakukan vaksinasi Covid-19 sampai saat ini kami belum tau. Soalnya kejelasan mengenai vaksinnya saja belum ada ya. Namun langkah penyiapan ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah. Sehingga pada saatnya nanti, entah kapan, kita sudah siap melakukan vaksinasi,” ujar Moh Ali, Kamis (15/10/2020).

Sebanyak 50 tenagas medis saat ini sudah disiapkan DKK Jepara. Nantinya mereka akan diikutkan dalam program penyiapan petugas vaksinasi Covid-19. Mereka yang sudah disiapkan, akan mendapatkan pelatihan mengenai vaksinasi Covid-19, oleh Badan Pelatihan Tenaga Kesehatan.

Siapa-siapa yang akan masuk dalam program ini sudah ada. Namun untuk pelaksanaan pelatihannya, sampai saat ini DKK Jepara masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Petugas medis yang disiapkan untuk dilatih vaksinasi Covid-19 merupakan petugas-petugas yang dinilai memiliki kecakapan dari tiap-tiap Puskesmas. Mereka sebelumnya juga sudah dipastikan memiliki dasar-dasar penguasaan mengenai masalah vaksinasi.

Sehingga dalam pelatihan nantinya mereka bisa benar-benar memahami dan menguasai materi pelatihan yang akan diberikan.

“Intinya kami menyiapkan. Tentu saja kita semua berharap vaksinnya bisa segera ditemukan, dan siap digunakan dalam rangka pencegahan pandemi Covid-19,” tambah Moh Ali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...