Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Jepara Instruksikan Penelusuran Kasus Covid-19 Dilakukan Serius

MURIANEWS, Jepara – Bupati Jepara Dian Kristiandi menginstruksikan agar dilakukan upaya penelusuran (tracing) secara serius terhadap pasien Covid-19.

Upaya itu dilakukan untuk menekan angka kasus yang akan muncul. Sehingga, persentase temuan kasus baru hasil tracing tidak lebih dari lima persen.

“Gunanya dilakukan swab itu untuk menemukan baru. Kemudian menanganinya dengan baik supaya tidak menular ke yang lain. Kan begitu ya? Jadi kalau sudah ketemu kasus baru, tapi tidak dilakukan penanganan dengan benar, ya percuma . Saya yakin kasusnya akan menular dan menular lagi,” kata Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kamis (15/10/2020).

Selain upaya penanganan yang baik yang bersifat kuratif, pihaknya juga meminta agar upaya edukasi bisa dilakukan secara beriringan. Salah satunya melalui upaya penerapan protokol kesehatan.

Dian Kristiandi pun berharap, perkembangan penanganan pandemic Covid-19 di Kabupaten Jepara bisa semakin membaik. Sampai pada Kamis (15/10/2020), angka kasus terkonfirmasi positif covid sudah mencapai 1.849 orang dan melibatkan warga Jepara.

Dari jumlah tersebut sebanyak 1.549 orang dinyatakan sembuh, setelah sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah yang sembuh sudah mendekati jumlah kasus terkonfirmasi positif covid.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara, Moh Ali menyebutkan, prosentase kesembuhan jika dibandingkan dengan jumlah terkonfirmasi positif covid, mencapai 83,7 persen. Prosentase ini sangat menggembirakan di tengah banyaknya kasus baru yang masih muncul. Ke depan, tentu saja akan diupayakan agar jumlah angka sembuh bisa terus meningkat.

Sedangkan untuk prosentase kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jepara sendiri mencapai 8,17 persen. Persentase ini didasarkan pada jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 yang hingga saat ini masih dalam penanganan. Jumlahnya kasus terkonfirmasi positif Covid yang masih ditangani di Jepara jumlahnya mencapai 151 kasus.

“Sedangkan untuk persentase angka kematian persentasenya mencapai 8,06 persen. Ini didasarkan pada jumlah kematian dari kasus terkonfirmasi positif covid 19 yang jumlahnya mencapai 149 kasus,” ujar Moh Ali, Kamis (15/10/20202).

Dari data-data yang ada, justru pada angka kematian dalam kasus-kasus probable covid menunjukan persentase yang sangat tinggi. Prosentasenya mencapai 98.81 persen didasarkan jumlah kasus kematian yang mencapai 83 orang. Padahal kasus probable di Jepara mencapai 84 orang, dan hanya satu yang dinyatakan sembuh.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...