Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Belum Cukup, Pembangunan Jembatan Karangsambung Kudus Tak Bisa Dilakukan Tahun Ini

MURIANEWS, Kudus – Pembangunan Jembatan Karangsambung, di Des Bae, Kecamatan Bae, Kudus tampaknya belum dapat dilakukan tahun ini. Hal itu lantaran dana yang ada belum mencukupi.

Untuk proyek penggantian jembatan ini, Pemkab Kudus hanya mendapat sokongan dana dari Pemprov Jateng dalam program bantuan gubernur (bangub) sebesar Rp 15 miliar. Sementara kebutuhan untuk pembangunan jembatan itu paling tidak minimal Rp 30 miliar.

Dengan dana Rp 30 miliar itu, jembatan akan diganti dengan model rangka. Selain itu, ada juga wacana jika jembatan ini akan dibangun dengan konsep jembatan lengkung. Namun anggaran yang dibutuhkan lebih besar, yakni mencapai Rp 60 miliar.

Kasi Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Supriyadi mengatakan, pihaknya setidaknya membutuhkan Rp 30 miliar untuk mengganti Jembatan Karangsambung menjadi jembatan rangka.

”Bisa diganti menjadi jembatan rangka supaya jalannya bisa lebar dari yang awalnya tiga meter menjadi enam meter. Namun, kami hanya diberi Bangub Rp 15 miliar. Kalau harus pakai APBD terlalu berat,” katanya, Kamis (15/10/2020).

Ia menilai untuk mengganti jembatan Karangsambung menjadi jembatan rangka merupakan yang paling logis untuk saat ini. Sementara jika menggunakan konsep jembatan lengkung, akan sulit direalisasikan karena kebutuhan dananya yang besar.

Jembatan Karangsambung saat ini memang perlu peremajaan. Pasalnya, jembatan ini hanya mempunyai lebar tiga meter dan panjang 150 meter. Sehingga tak mampu menampung banyaknya kendaraan yang melintas.

Bahkan jika ada mobil yang melintas di jembatan, kendaraan dari arah berlawanan harus rela berhenti. Karena jembatan tak cukup untuk dilintasi dua mobil.

”Harapan kami secepat mungkin ada pergantian sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar,” harapnya.

Terpisah, salah seorang warga Bae, Umam mengaku Jembatan Karangsambung memang sempit. ”Jembatannya ini masih sempit. Kalau truk lewat tidak bisa simpangan,” terangnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...