Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Inovasi Agrobisnis, Warga Kandangmas Kudus Tekuni Pembuatan Pupuk Bernutrisi

MURIANEWS, Kudus – Inovasi agrobisnis dicoba oleh masyarakat Desa Kandangmas. Inovasi tersebut terdiri dari pembuatan pupuk organik bernutrisi dan pembuatan pakan ikan bernutrisi.

Dari hasil terobosan itu, lahir berbagai manfaat yang membuat pendapatan petani di Desa Kandangmas meningkat dari sebelumnya.

Inovasi pembuatan pupuk organik bernutrisi sekaligus pembuatan pakan ikan itu sudah digagas sejak bulan lalu. “Kami ingin membantu usaha petani agar hasilnya lebih baik lagi,” kata Sabari, Pokdarwis Desa Kandangmas.

Menurutnya, usaha pupuk yang awalnya berupa pupuk kimia yang kini dialihkan menjadi pupuk organik bernutrisi memberikan dampak yang signifikan.

“Sebelumnya kan teman-teman petani memakai pupuk dari bahan kimia. Itu hasilnya lima sampai enam juta rupiah. Setelah beralih menggunakan pupuk organik hasilnya bisa mencapai Rp 14 juta,” ujarnya.

Hal yang sama juga terjadi peningkatan di sisi pakan ikan. Menurut dia, untuk pakan ikan yang awalnya tiga sampai empat bulan baru panen, setelah dicoba dengan pakan ikan bernutrisi dalam satu bulan sudah bisa panen.

Pihaknya juga memberi pelatihan kepada petani di luar Kudus seperti Pati, Demak, dan Jepara. Sabari berharap petani dan peternak ikan bisa mencapai hasil yang lebih maksimal.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...