Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pandemi, Stok Darah di PMI Grobogan Masih Mencukupi

MURIANEWS, Grobogan – Persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Grobogan masih mencukupi. Saat ini, persediaan darah yang ada sebanyak 315 kantong atau kolf.

Rinciannya, darah golongan A sebanyak 109 kolf, golongan B ada 114 kolf, golongan O ada 74 kolf dan golongan AB masih 18 kolf.

“Persediaan darah ini bisa bertambah lagi. Soalnya, pada hari ini masih ada pendonor yang menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan,” kata Kasi Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristyawan, Rabu (14/10/2020).

Gesit menyatakan, persediaan yang dimiliki masih mencukupi karena para pendonor rutin tetap menyumbangkan darahnya meski saat ini sedang ada wabah virus corona atau Covid-19.

Dengan adanya pendoror rutin maka persediaan darah untuk kepentingan kemanusiaan akan tetap terjaga jika sewaktu-waktu diperlukan.

“Adanya pandemi Covid-19 ini memang sangat memengaruhi kegiatan donor darah, karena ada imbauan untuk tidak membuat acara yang mendatangkan banyak orang. Oleh sebab itu, kami hanya bisa mengandalkan pendonor rutin untuk menjaga stok darah,” jelasnya.

Menurut, saat pandemi ini, kegiatan keliling untuk menjemput pendonor juga sedikit dikurangi sebagai upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. Sedangkan untuk pelayanan di unit donor darah PMI Grobogan masih berjalan seperti biasa.

Meski demikian, dalam pelaksanaan kegiatan donor darah, pihaknya sangat memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Pelengkapan perlindungan diri selalu digunakan oleh petugas. Kemudian, saat menunggu giliran juga diatur jaraknya sesuai anjuran protokol kesehatan.

“Selain donor darah PMI Grobogan juga tetap melaksanakan kegiatan lain saat ini. Seperti distribusi air bersih dan penyemprotan disinfektan,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...