Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peninggalan Raja Kretek Nitisemito Masih Tersebar di Pantura

MURIANEWS, Kudus – Peninggalan sang raja kretek asal Kudus, Nitisemito diduga masih tersebar di wilayah pantura. Hal itu disinyalir lantaran semasa hidupnya Nitisemito sering menjalin hubungan dengan orang-orang penting di wilayah pantura.

Salah satu cucu Nitisemito yang bernama Yudhi Ernawan saat ditemui MURIANEWS pada Selasa (13/10/2020) mengatakan, mengalami sendiri setiap kali berkunjung ke beberapa daerah di kawasan pantura.

“Kalau peninggalan Nitisemito sebenarnya banyak. Setiap Masjid Agung di wilayah pantura itu pasti ada peninggalan Nitisemito,” jelasnya.

Peninggalan yang dimaksud beragam. Kebanyakan berupa jam berdiri, lengkap dengan logo Bal Tiga. Yudhi juga menyebutkan beberapa daerah pantura yang masih menyimpan peninggalan Nitisemito. Di antaranya Keraton Solo, Keraton Yogyakarta, makam di daerah Tuban, Masjid Sunan Ampel, dan beberapa daerah lainnya.

Menurut penjelasan dari Yudhi, di masanya Nitisemito memang menjalin kedekatan dengan orang-orang penting di wilayah pantura. “Biasanya diberi jam atau keramik, semacam hadiah dari Mbah Niti,” ujarnya.

Baca: Cucu Raja Kretek Ceritakan Kemungkinan Buku Nitisemito Bisa Nyasar di Pasar Loak Belanda

Dia menambahkan, beberapa koleksi keramik saat ini juga dititipkan di Museum Jenang Kudus. Terpisah, Cicit Nitisemito, Fahri saat disambangi di kediamannya yang terdapat di sebelah barat Sungai Gelis menyampaikan masih terdapat beberapa peninggalan Nitisemito.

“Ada banyak. Mulai jam berdiri, keramik, cangkir, tempat gula, nampan, dan lain-lainnya. Banyak sih,” ujarnya.

Ditanya soal peninggalan Nitisemito itu untuk diserahkan di Museum Kretek, dia belum ada pandangan ke sana.

“Kalau soal peninggalan Nitisemito untuk diberikan ke Museum Kretek saya tidak tahu. Kalau mau diserahkan ke Museum Kretek ya silahkan izin ke ibu saya,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...