Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMK di Kudus Ini Bisa Jadi Jujukan Bagi Anak yang Ingin Belajar Fiber Optik

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus kini sudah mempunyai sekolah menengah kejuruan (SMK) yang bisa mempelajari sistem fiber optik. Sekolah tersebut yakni SMK Muhammadiyah Kudus, yang berada di Jalan Kudus-Jepara KM 3 Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Sekolah tersebut kini ditetapkan sebagai SMK Center of Excellent (CoE) tahun 2020 oleh Direktorat SMK dengan jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ). Program unggulannya yakni fiber optik dan menjalin kerja sama dengan PT Telkom.

“Hari ini kami menandatangai kesepakatan kerja sama bersama PT Telkom. Dan membuka workshop sosialisasi dan penyusunan dokumen pembelajaran pada SMK CoE,” kata Kepala SMK Muhammadiyah Kudus Purwanta Agung Sulistyo, Selasa (13/10/2020).

Menurutnya kerja sama yang dilakukan dengan PT Telkom dinilai sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kompetensi siswa dan guru jurusan teknik komputer dan jaringan. Khususnya dalam bidang fiber optik.

“Kerja sama ini bisa menyangkut banyak hal. Utamanya kurikulum pendidikan yang akan diakselerasikan dengan kebutuhan industri dengan PT Telkom di bidang fiber optik,” ujarnya.

Di samping itu, siswa juga nantinya akan mengikuti praktik kerja lapangan (PKL) di PT Telkom setelah masa pandemi usai. Begitu juga dengan guru-guru jurusan TKJ yang akan magang di PT Telkom.

“Nanti ada juga guru tamu dari Telkom yang menguasai bidang fiber optik juga akan mengajar di SMK ini,” jelasnya.

Ke depannya, para alumni dari SMK Muhammadiyah Kudus juga akan mempunyai kesempatan untuk bekerja di perusahaan telekomunikasi tersebut.

Sementara Account Manager Eksternal PT Telkom Witel Kudus  Ali Pujianto menambahkan, SMK Muhammadiyah merupakan salah satu sekolah yang bekerja sama dengan Telkom dibidang pendidikan fiber optik. Siswa tersebut nantinya akan mendapatkan sertifikasi terkait fiber optik yang saat ini memang sedang berkembang.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...