Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hasil Kajian Awal, Tiga Buku Peninggalan Nitisemito Kemungkinan Besar Asli

MURIANEWS, Kudus – Tiga buku yang diduga peninggalan raja kretek asal Kudus Nitisemito kemungkinan besar memang asli. Kemungkinan ini muncu dari hasil kajian tahap awal yang dilakukan tim dari Museum Ranggawarsita, Semarang.

Tiga buku tersebut terdiri dari buku catatan akuntansi Nitisemito, buku abon yang berisi jenis-jenis tembakau, serta buku kartu abon yang berisikan kartu pekerja Nitisemito.

Usai dikaji tahap awal, diduga ketiga buku tersebut merupakan peninggalan Nitisemito. Namun, buku tersebut nantinya akan dikaji kembali tahap akhir pada Sabtu (17/10/2020) mendatang di Museum Kretek, Kudus. Dalam kajian ini nantinya keluarga Nitisemito, dan tim pengkaji dari Museum Ranggawarsita juga dihadirkan.

“Setelah dikaji tahap awal, menurut tim pengkaji bilangnya asli. Ini sudah diberi tiga hasil kajiannya. Setelah ini kami kaji tahap akhir,” kata Pengadministasi Keuangan UPT Museum dan Taman Budaya Kudus Dian Kurnia Yulianto, Selasa (13/10/2020).

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan, sudah ada tiga hasil kajian dalam bentuk kertas yang sudah dijilid. Tertera identifikasi buku laporan abon dari industri rokok Tjap Bal Tiga Nitisemito, pengidentifikasian arsip buku jurnal keuangan H Nitisemito, dan buku laporan pemasukan dari abon industri rokok Tjap Bal Tiga Nitisemito.

Baca: Kisah Penemuan Buku Peninggalan Raja Kretek Nitisemito di Pasar Loak Belanda

Dia menambahkan, setelah dikaji tahap akhir pada Sabtu (17/10/2020), nantinya ketiga buku tersebut bakal diseminarkan juga pada Kamis (22/10/2020) di salah satu hotel di Kudus.

“Setelah dikaji tahap akhir, terus  di seminarkan, setelah itu jadi koleksi dan diletakkan di ruang Nitisemito yang ada di Museum Kretek, Desa Getas Pejaten, Jati, Kudus.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...