Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak Pengunjung Abaikan Prokes, Waduk Seloromo Pati Kembali Ditutup

MURIANEWS, Pati – Banyaknya pengunjung di Waduk Seloromo Gembong yang tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes), membuat pemerintah Kecamatan setempat mengambil tindakan. Semua akses jalan menuju objek wisata itu pun ditutup hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Camat Gembong Cipto Mangun Oneng mengatakan, pada Sabtu dan Minggu kemarin, ada banyak pengunjung yang datang ke waduk. Namun, sebagian besar dari mereka tidak menggunakan masker. Lebih dari itu, mereka juga berkerumun sehingga rawan terjadi penyebaran virus corona.

“Karena itu, kami langsung melakukan rapat. Hasilnya adalah penutupan waduk dan akses menuju waduk,” katanya, Selasa (13/10/2020).

Forkopimcam menutup akses jalan menuju Waduk Seloromo (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Oneng menyebutkan, dari data yang didapatnya, sebagian besar pengunjung Waduk Seloromo tersebut adalah dari luar kecamatan Gembong. Bahkan ada juga yang dari kota lain, seperti Kudus, Jepara, hingga Grobogan.

“Kami sudah sosialisasikan agar menggunakan masker. Karena mereka tidak menggunakan masker, ini kan bahaya. Khawatirnya, nanti kalau ada yang positif Covid, malah bisa menular ke pengunjung yang lain,” ungkapnya.

Dia mengaku, sebelumnya akses jalan menuju Waduk Seloromo juga pernah ditutup. Penutupan kala itu atas pereintah Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati. Setelah ada adaptasi kebiasaan baru, waduk kembali dibuka.

“Saat dibuka, dulu tidak begitu ramai. Mungkin karena airnya masih penuh. Kalau ini kan airnya sudah mulai berkurang banyak. Jadi pengunjung bisa langsung ke waduk dan bersantai di rerumputan. Mungkin ini juga yang membuat ramai pengunjung,” terangnya.

Dirinya berharap warga masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan. Terutama menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan pakai sabun agar dapat terhindar dari virus corona.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...