Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belum Ada Kejelasan Mekanisme Pemberangkatan Haji Blora 2021

MURIANEWS, Blora – Rencana pemberangkatan haji pada 2021 hingga sampai saat ini belum ada kepastian terkait mekanismenya. Namun, muncul ada tiga opsi pemberangkatan haji pada tahun depan.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Blora Dwiyanto.

“Ada tiga opsi, pertama semua calon jamaah haji diberangkatkan semua. Kedua, diberangkatkan hanya setengah, kemudian ketiga, diberangkatkan hanya sepertiga,’’ ujar Dwiyanto, Selasa (13/10/2020).

Menurutnya opsi ini muncul dari pembahasan antara Kemenag dan DPR RI beberapa waktu lalu untuk menyikapi dengan kondisi yang ada sekarang. Sebab, penyebaran Covid-19 belum kunjung mereda.

“Kalau pemberangkatannya dibatasi, di sana (Makkah) bisa jaga jarak,’’ jelasnya.

Apalagi dalam masa pandemi ini ada banyak negara yang membatasi warga Indonesia masuk kenegaranya.

Bahkan dalam pembahasan itu ada opsi lain selain ketiga opsi tersebut. Yakni, yang diberangkatkan dalam haji 2021 nanti hanya yang berusia muda.

Yang berusia tua tidak diberangkatkan dulu, karena masuk dalam kelompok rentan terkena penyakit.

“Tapi jika itu dilakukan bisa protes semua calon jemaah yang tua, apalagi mayoritas banyak berusia tua,” ungkap Dwiyanto.

Hanya saja pembahasan itu belum kunjung ada tindak lanjut sampai saat ini. Maka untuk itu dirinya hanya bisa menunggu. Hingga muncul kebijakan untuk pemberangkatan nanti.

Sampai kemarin lanjutnya, belum ada kebijakan atau petunjuk baru perihal haji. Padahal jika tahun-tahun sebelum memasuki Oktober, Kemenag sudah mulai sibuk mendata haji. “Ini masih belum ada apa-apa,’’ tukasnya.

Sebagaimana diketahui, pemberangkatan haji 2020 ditunda. Di Kabupaten Blora yang sudah melakukan pelunasan tahun ini ada 617 orang.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...