Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dokter Bedah di Kudus Ini Bagikan Tips Putus Rantai Covid -19 di Komunitas dan Isolasi untuk OTG

MURIANEWS, Kudus – Dokter spesialis bedah di Kabupaten Kudus dr Wahyu Wijarnako membagikan tips cara yang cukup efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dalam sebuah komunitas. Komunitas sendiri di sini diartikan seperti rumah, hingga perkantoran.

Hal tersebut dibagikannya saat menjadi narasumber Kodim 0722/Kudus, Senin (12/10/2020).

“Komunitas di sini berarti ada ruangan yang tertup, ada manusianya yang setiap hari bertemu dan aktivitas di dalamnya, ketiga hal itu bisa menularkan corona,” katanya.

Untuk mencegah penularan itu menurutnya, dimulai dari manusianya. Yakni semua orang harus paham bagaimana Covid-19 menurut.

Kalau sudah paham maka dilanjutkan dengan gerakkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, hingga menjaga jarak).

“Misal saat masuk ruangan harus mencuci tangan dulu bisa dengan hand sanitizer atau air dan sabun, kemudian menjaga jarak saat beraktivitas dan selalu memakai masker. Untuk ruangan harus terdapat ventilasi yang cukup dan harus selalu bersih,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, seperti remot televisi dan gagang pintu  yang setiap harinya dipegang orang secara bergantian. Itu bisa di antisipasi dengan membersikan remot atau gagang pintu  tersebut menggunakan alkohol, hand sanitizer atau yang lain.

Selain itu, pihaknya juga memberikan tips saat sudah didiagnosa terpapar corona dan melakukan isolasi mandiri di rumah untuk orang tanpa gejala (OTG).

Yang paling inti yakni di mana orang tersebut harus memperkuat kembali imunitas diri dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi.

“Makanan bergizi sangat berpengaruh, seperti memperbanyak sayur dan telur. Tapi bagi yang usianya di atas 40 tahun saat mengonsumsi telur dianjurkan putihnya saja. Yang bersangkutan juga harus tenang, tidak boleh panik ketika sudah didiagnosa terpapar,” ucapnya.

Untuk menenangkan diri bisa dengan sering beribadah atau membaca kitab suci. Selanjutnya, berjemur merupakan hal yang penting namun jangan di bawah pukul 09.00 WIB, karena bisa menimbulkan penyakit pada kulit (kanker kulit).

“Idealnya itu jam 09.00 WIB keatas dengan durasi waktu 10 menit, setiap hari seperti itu,” ujarnya.

Selain itu menurut dia yang paling krusial adalah menjaga kualitas tidur. Jam tidur disarankan dimulai pukul 21.00 WIB. Begitu juga untuk yang masih sehat, waktu ideal untuk tidur maksimal pukul 22.00 WIB.

“Sedangkan untuk meminum vitamin, tidak diharuskan setiap hari. Lebih baik meminumnya ketika kondisi memang benar-benar capek,” tandasnya.

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...