Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Yakin Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan III Membaik, Ini Sebabnya

MURIANEWS, Semarang – Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah pada triwulan ketiga diperkirkan membaik. Padahal, di triwulan kedua lalu, pertumbuhan ekonomi sempat mengalami kontraksi sebesar -5,94 persen.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah mengatakan, ada sejumlah dasar kenapa pihaknya optimistis ekonomi akan tumbuh di triwulan ketiga.

Satu di antaranya, adalah naiknya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Agustus 2020 lalu yang naik sebesar 86,90 persen. Jumlah ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang hanya berkisar 86,19 persen.

”Selain itu, ekspektasi konsumen pada perkiraan kondisi ekonomi pada enam bulan ke depan juga dikatakannya cukup optimistis,” ucap dia dalam jumpa pers di Kantor Wilayah DJPb Jateng, Senin (15/10/2020).

Kemudian, satu yang membuat pihaknya yakin adalah kredit konsumsi yang mengalami perlambatan pertumbuhan. Yakni 2,36 persen pada bulan Juni dan menjadi 1,5 persen pada bulan Juli.

”Dari pemerintahan sendiri punya dua sasaran utama. Yakni menumbuhkan belanja pemerintah dan menumbuhkan konsumsi masyarakat di triwulan ketiga. Belanja pemerintah tumbuh sebesar 54,89 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu,” ungkapnya.

Sementara untuk mendongkrak konsumsi masyarakat, berbagai jenis bantuan sosial pun terus digelontorkan sejak triwulan pertama. Dengan alokasinya sebesar Rp 21,3 triliun. Untuk sembilan jenis bantuan sosial.

“Mulai dari PKH hingga prakerja, kemudian ada juga bantuan pemerintah usaha mikro, itu biar seimbang, UMKM nya jalan, yang beli juga jalan,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...