Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Anggota DPRD Jepara Positif, Satgas Covid: Kini Jadi Klaster Keluarga

MURIANEWS, Jepara – Informasi mengenai adanya dua orang anggota DPRD Jepara yang terkonfirmasi covid 19, tidak dibantah oleh Satgas Penanganan Covid-19 Jepara.

Dua orang ini sudah termasuk dalam hasil laboratorium swab, yang diumumkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, pada 2 Oktober 2020 dan 10 Oktober 2020.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Moh Ali menyatakan, memang ada anggota DPRD Jepara yang terkonfirmasi Covid-19. Namun, pihaknya tidak berani menyebut identitas dari yang bersangkutan.

Baca: Dua Anggota DPRD Jepara Terkonfirmasi Positif Covid-19

Satu orang pertama diketahui terkonfirmasi positif dari hasil lab swab yang diterima pihaknya pada 2 Oktober 2020. Sedangkan satu lainnya, diketahui dari hasil lab swab 10 Oktober 2020.

Menurut Moh Ali, dari kasus anggota DPRD Jepara ini, pihaknya sudah melakukan penanganan dengan melakukan tracing dan melakukan swab test bagi mereka yang masuk dalam daftar.

Baca: Sebelum Imam Zusdi, Seorang Staf Keuangan DPRD Jepara Ternyata Lebih Dulu Kena Corona

Hasilnya, pada 10 Oktober 2020, pihaknya memastikan ada empat anggota keluarga dari anggota DPRD Jepara asal Desa Kecapi tersebut yang terkonfirmasi covid. Kasus ini menjadi klaster di keluarga mereka.

Kemudian, dari kontak erat di luar anggota keluarga, pihaknya juga memastikan ada satu rekan anggota DPRD-nya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Jadi memang ada anggota DPRD Jepara yang terkonfirmasi positif covid. Tapi saya tidak bisa menyebutkan identitasnya. Dari penanganan kasus ini, kami juga mendapatkan empat anggota keluarganya juga terkonfirmasi positif dan satu orang rekannya di DPRD Jepara,” ujar Moh Ali, Senin (12/10/2020).

Sementara itu, Plt Ketua DPRD Jepara, Junarso menyatakan, terkait kasus terkonfirmasi positif covid yang terjadi di kalangan anggota dewan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Jepara.

Dalam hal ini sudah ditempuh upaya-upaya penanganannya. Pihaknya juga sudah meminta agar penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat dalam  kegiatan-kegiatan DPRD Jepara.

Baca: 40 Orang Diswab Usai Piknik ke Bali Bareng Pasien Covid Jepara, Satu Dinyatakan Positif

Saat ini diakui banyak agenda kerja yang harus dilaksanakan oleh DPRD Jepara, terkait tupoksinya. Karena itu, pihaknya masih akan menunggu perkembangan terkait kemungkinan terjadinya kluster di DPRD Jepara.

Jika memang perkembangannya menunjukan sebuah kekuatiran yang semakin besar, maka tidak menutup kemungkinan akan  ada kebijakan lebih lanjut terkait kasus ini.

“Sampai saat ini kami masih menunggu dan melihat bagaimana perkembangan dari kluster di DPRD Jepara ini. Saat ini yang reaktif atau terkonfirmasi positif covid sudah kami instruksikan untuk menjalani isolasi mandiri. Jika ada perkembangan lebih lanjut, tentu akan ada kebijakan lain yang akan  kami tempuh,” ujar Junarso.

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...