Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Besok Tiga Buku Nitisemito Mulai Dikaji, Salah Satunya Ditemukan di Pasar Loak Belanda

MURIANEWS, Kudus – Pengelola Museum Kretek berencana melakukan kajian terhadap tiga buku yang diduga peninggalan Nitisemito, Senin (12/10/2020) besok. Dalam mengkaji buku kuno tersebut, pihak Museum Kretek akan menggandeng tim pengkaji dari Museum Ronggowarsito, Semarang.

Ketiga buku tersebut terdiri dari buku catatan akuntansi Nitisemito, buku abon yang berisi jenis-jenis tembakau, serta buku kartu abon yang berisikan kartu pekerja Nitisemito.

Pengadministasi Keuangan UPT Museum dan Taman Budaya Dian Kurnia Yulianto mengatakan pihaknya akan berangkat ke Ronggowarsito Semarang Senin pagi.

“Senin (12/10/2020) ke Ronggowarsito koordinasi tentang buku Nitisemito. Ada tiga buku,” katanya saat ditemui MURIANEWS, Minggu (11/10/2020).

Ruang Nitisemito terdapat di salah satu sudut Museum Kretek yang berlokasi di Desa Getas Pejaten, Jati, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Dian menjelaskan, koordinasi pengkajian itu nantinya meliputi beberapa pertanyaan perihal keaslian buku. Setelah dikaji, hasilnya akan dituangkan dalam bentuk deskripsi terkait sejarah ketiga buku tersebut. Apalagi, satu dari tiga buku ditemukan di salah satu pasar loak di Belanda.

“Total ada tiga buku. Satu ditemukan di pasar loak di Belanda, sedangkan yang dua ditemukan tertumpuk di salah satu ruangan di Museum Kretek,” ujar dia.

Pengkajian oleh tim ahli dari Museum Ronggowarsito, lanjutnya, diperkirakan akan selesai pada Kamis. Di hari terakhir itu, kajian akan dilakukan di Museum Kretek.

“Setelah itu, pekan depannya lagi akan kami seminarkan. Ini penting dilakukan karena kaitannya dengan sejarah Kabuoaten Kudus,” ujar dia.

Sejauh ini ruang galeri Nitisemito memang sudah tersedia di salah satu sudut Museum Kretek. Di situ sudah terdapat berbagai koleksi peninggalan Nitisemito. Mulai dari foto-foto Nitisemito, blangkon, bulpoin, jam, kursi, dan mesin ketik.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...