Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mantab! Penerapan 3M di Museum Kretek Kudus Ini Bikin Pengunjung Nyaman

MURIANEWS, Kudus – Penerapan protokol kesehatan saat ini menjadi kunci utama kenyaman di tempat wisata selama pandemi. Tak jarang, hal itu membuat pengunjung merasa aman dan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Hal itulah yang dilakukan pengelola Museum Kretek Kudus. Deretan protokol kesehatan mulai dari tempat cuci tangan hingga imbauan penggunaan masker tersedia hingga sudut Museum Kretek.

Upaya tersebut patut diapresiasi. Terlebih pada Minggu (11/10/2020) masyarakat ramai menyambangi museum rokok yang terdapat di Desa Getas Pejaten, Jati, Kudus itu.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, protokol kesehatan memang sudah tertata di Museum Kretek. Dimulai dari tempat parkir roda dua ada satu tempat cuci tangan dan empat papan imbauan. Terdiri dari imbauan wajib memakai masker, wajib cuci tangan, jaga jarak minimal satu meter, dan tidak berkerumun.

Di dekat tempat karcis juga disediakan satu tempat cuci tangan. Masuk ke area taman bermain ada satu tempat cuci tangan dan empan papan imbauan.

Tak berhenti disitu, di area pintu masuk galeri Museum Kretek terdapat tiga tempat cuci tangan. Dua di sebelah selatan dan satunya lagi di sebelah utara.

Menuju ke area Replika Khas Kudus juga terdapat papan imbauan. Jumlahnya ada dua. Satu bertuliskan wajib pakai masker. Satunya lagi bertuliskan tidak berkerumun.

Terakhir, di wahana ember tumpah juga terdapat satu tempat cuci tangan dan dua papan imbauan bertuliskan wajib cuci tangan dan jaga jarak minimal satu meter.

Salah seorang pengunjung asal Desa Terban, Jekulo, Kudus mengaku baru pertama kali menyambangi Museum Kretek. Meski begitu, ia merasa lebih aman. Selain imbauan dan tempat cuci tangan, beberapa petugas juga menyosialisasikan 3M secara langsung.

“Baru pertama ini. Saya rasa protokolnya sudah bagus. Banyak tempat cuci tangan dan petugasnya ramag,” jelasnya, Minggu (11/10/2020)

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Yusron mengatakan sejak awal sudah mempersiapkan. “Sudah kami persiapkan dari awal. Selalu kami kontrol juga. Kalau perlu ditambah kami siap. Tapi sejauh ini kami rasa sudah cukup,” katanya.

Yusron berharap masyarakat lebih sering berkunjung ke Museum Kretek. “Saya berharap masyarakat lebih sering berkunjung ke Museum Kretek karena kami sudah mempersiapkan prokes semaksimal mungkin untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung,” terangnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...