Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nge-Gym Aman di Masa Pandemi Ala Wasit Berlisensi FIFA

MURIANEWS, Kudus – Menjaga kebugaran dengan cara nge-gym di masa pandemi masih bisa dilakukan. Tentunya dengan cara preventif.

Seperti yang dilakukan oleh wasit lisensi FIFA asal Kudus Dwi Purba Adi Wicaksana yang tetap bugar dengan nge-gym.

Pantauan MURIANEWS di salah satu tempat kebugaran di Kudus, Sabtu (10/10/2020), Purba menunjukkan beberapa alat yang digunakannya selama fitnes. Mulai dari treadmill hingga angkat beban.

Ada langkah preventif yang harus dilakukan di pusat kebugaran seperti tempat gym. Purba membeberkan tips agar tetap aman di gym.

“Yang penting kita tetap waspada dan preventif. Sambil bawa perlengkapan pribadi,” katanya.

Menurut Purba ada beberapa langkah antisipasi jika ingin tetap nge-gym. Yakni dengan cara mencuci tangan dan mengelap alat sebelum dipakai.

Selain itu, dia juga menyarankan agar membawa perlengkapan pribadi seperti handuk, botol minum, dan hand sanitizer.

Tips lainnya soal asupan sebelum dan sesudah nge-gym, pria yang berdomisili di Desa Jati Wetan, Jati, Kudus itu biasanya mengonsumsi bubur kacang hijau, roti dan telur. Sedangkan setelah melakukan gym, dia rutin mengonsumsi buah-buahan.

Sebagai seorang wasit yang kerap memimpin pertandingan bertaraf internasional, Purba mengaku pergi ke gym menjadi kewajiban.

Pasalnya, dia harus melatih otot kaki, power, lengan dan dada yang fungsinya untuk menunjang performa kala menjadi hakim di lapangan. Menurut dia ketika liga nantinya jadi bergulir dia sudah siap.

“Sebenarnya ini kesadaran saya sendiri. Tidak ada program maupun perintah. Jadi ketika nanti kompetisi di bulan November jadi dilanjutkan, saya sudah siap,” katanya.

Ditanya soal job menjadi pengadil lapangan, pria yang juga mengajar di SMP Bhakti Praja Kaliwungu, Kudus itu belum tahu.

“Masih nunggu juga. Termasuk laga internasional seperti AFF senior apakah nantinya jadi atau tidak juga masih menunggu kabar,” terangnya.

Purba juga memberikan saran kepada masyarakat Kudus yang ingin tetap aman saat nge-gym.

“Saran saya jangan takut berolahraga. Termasuk nge-gym. Karena itu untuk menjaga imunitas tubuh. Yang penting tetap menyesuaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan gugus tugas,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...