Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengen Punya Warung, Mimpi Dua Bocah Yatim Piatu di Pati Terwujud

MURIANEWS, Pati – Alfi (13) dan Zacky (18) adalah kakak beradik yang sudah ditinggal ayah dan ibunya. Mereka hidup dalam satu rumah di Desa Gerit RT 01 RW 01 Kecamatan Cluwak. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, kedunya mendapatkan bantuan dari warga sekitar.

Dengan kondisi Zacky yang duduk di kursi roda, dia tidak bisa berbuat banyak. Namun, Alfi yang merupakan adik Zakcy mempunyai mimpi untuk memiliki warung agar bisa hidup mandiri bersama kakanya tersebut.

Hal itu sudah lama ia impikan. Berkat kesabaran dan permohonanya kepada Tuhan, mimpi Alfi bersama kakaknya itu terwujud.

Dia mendapatkan bantuan warung sederhana bersama dengan isinya dari Komunitas Bunda Pati Berbagi (KomDa). Alfi dan Zakcy pun kaget ketika melihat ada sebuah truk yang berisi barang dagangan untuk dijualnya.

Air mata pun tak tertahankan, keluar dari pelupuk mata zacky dan Alfi. Tangis tipis membuat suasana semakin haru. Kebahagian nampa terpancar dari raut wajah Zakcy. Kata-kata pun tak mampu keluar dari mulutnya.

Ketua sekaligus pendiri KomDa Pati Ratih Wijayanti mengungkapkan, pada saat mendapatkan informasi tentang Alfi dan Zacky, dirinya bersama tim segera melaksanakan survei ke lokasi.

Dalam obrolan tersebut, Alfi mengatakan jika ingin punya warung es dan kopi juga jualan makanan agar punya penghasilan untuk hidup sehari-hari dan bisa juga disambi mengurus sang kakak.

“Hari ini kami turunkan donasi isian dari warung itu kita sediakan semua. Segala macam minuman, mie instan, kita tata semua daganganya. Yang pasti nanti pada saat kita pulang, dik Alfi sudah bisa jualan,” jelasnya.

Ratih menyebut, sumber dana yang terkumpul merupakan uluran tangan para donatur. Mulanya, dia mengunggah informasi tentang kedua yatim piatu asal Desa Gerit itu melalui Fanspage Komunitas Bunda Pati Berbagi.

“Alhamdulillah saat kita share, banyak yang respon. Terus ada juga dari anggota kita yang jualan sembako, ya bantu sembako, ada yang jualan pakaian ya bantu pakaian. Pokoknya saling mendukung,” papar Ratih.

Sementara itu Kepala Desa Gerit Muhyiddin mengatakan, pihaknya atas nama Pemerintah Desa serta mewakili keluarga Alfi dan Zacky mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komunitas Bunda Berbagi Pati yang telah menyisihkan rezekinya untuk membuatkan warung beserta isinya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu terwujudnya warung Dik Alfi. Dibantu oleh Komunitas Wong Cluwak, Ansor Desa Gerit dan pak RT yang sangat menyengkuyung acara ini,” kata Kades Gerit.

Muhyiddin berharap, agar bantuan warung yang telah diberikan ini mampu menjadikan sumber penghasilan bagi kedua yatim piatu tersebut.

“Ini adalah bantuan yang bentuknya sangat berbeda. Dalam istilah kami memberikan kail sekaligus ikannya. Artinya kalau diberikan kailnya otomatis dia akan mencari ikanya. Tapi kalau (hanya) diberi ikan, nanti kan habis,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...