Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hindari Sentuhan Langsung, Gunakan Hand Sanitizer Pedal

MURIANEWS, Kudus – Langkah yang baik dilakukan SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Guna mencegah penyebaran virus corona, pihak sekolah memanfaatkan penggunaan hand sanitizer pedal.

Mesin berbentuk persegi bewarna biru itu merupakan alat untuk mengeluarkan hand sanitizer tak perlu menekan tutup botol seperti biasanya, melainkan cukup menekan pedal menggunakan kaki.

Tertulis di mesin itu lindungi tangan Anda dengan hand sanitizer. Di bawahnya terdapat instruksi untuk injak pedal.

Mesin itu merupakan hibah dari alumni SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kudus Ali Zamroni menyampaikan, mesin tersebut untuk mencegah kontak langsung antara tangan yang satu dengan yang lainnya.

“Untuk meminimalisir adanya sentuhan tangan yang satu dengan yang lainnya, kami coba menggunakan mesin hand sanitizer pedal ini. Kan berdasarkan sumber yang ada penularan corona salah satunya lewat kontak tangan,” katanya, Jumat (9/10/2020).

MURIANEWS mencoba cara kerja mesin tersebut secara langsung. Ketika akan menggunakan mesin tersebut, pedal di bagian bawah tinggal diinjak. Seketika cairan hand sanitizer keluar lewat selang kecil yang terdapat di bagian mesin.

Ketika cairan hand sanitizer sebanyak 500 mili liter di mesin itu habis, bisa diisi ulang.

Ali menyampaikan, sebenarnya pihaknya berencana membeli tiga mesin lagi. Namun, menurutnya hal tersebut belum penting lantaran anak didiknya masih menjalankan belajar dari rumah.

Rencananya pihaknya akan menambah tiga mesin ketika dana BOS kembali cair. “Kalau beli tiga lagi berarti kan totalnya kami punya empat. Bisa kami taruh di gerbang dua, di depan kantor TU satu, dan di depan kantor guru satu,” terangnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...