Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

CEK FAKTA: Rumah Puan Maharani Jadi Sasaran Amuk Massa Demo Tolak Omnibus Law

MURIANEWS, Kudus – Beredar video singkat berisikan aksi para demonstran penolak UU Omnibus Law melakukan aksi pembakaran di sebuah gedung. Dalam narasinya, gedung disebut sebagai rumah Ketua DPR RI Puan Maharani.

Video berdurasi 35 detiik tersebut pun sempat tersebar di sejumalh patform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Dalam videonya itu terlihat sejumlah demonstran mulai merangsek masuk dan membakar beberapa sudut bangunan.

MURIANEWS mencoba melakukan cek fakta terkait hal tersebut. Di mana hasilnya, kejadian tersebut bukanlah terjadi di kediaman Ketua DPR RI Puan Maharani. Melainkan terjadi di Gedung DPRD Kota Malang.

Dikutip dari kompas.com, aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja terjadi di depan Gedung DPRD Kota Malang, pada Kamis (9/10/2020) kemarin.

Dalam kejadian tersebut massa aksi melempar botol, batu hingga petasan ke arah gedung dewan. Hingga akhirnya menyebabkan kerusakan pada gedung tersebut.

Massa kemudian semakin brutal ketika mendengar bunyi ledakan di tengah aksi. Hingga kemudian muncul api dan massa mulai merangsek masuk. Polisi yang berjaga lantas memukul mundur para demonstran dengan menembakkan gas air mata.

Dikutip dari Medcom.id, Polresta Malang Kota menangkap sebanyak 80 orang yang diduga sebagai provokator.

Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata menjelaskan, saat demo berlangsung sempat terjadi benturan antara petugas keamanan dan massa aksi. Hingga saat ini polisi masih mendalami awal mula kericuhan yang terjadi dalam demo.

 

Penulis: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Kompas.com, Medcom.id

Comments
Loading...