Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wayang Klitik dan Barongan Diusulkan Jadi Warisan Budaya Asli Kudus

 

MURIANEWS, Kudus – Kesenian wayang klitik dan barongan diusulkan menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) asli Kudus. Pengusulan dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus ke Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta.

Hal itu dilakukan untuk melestarikan tradisi asli Kota Kretek. Selain itu, untum menjaga agar kesenian tersebut tidak diklaim daerah lain.

Pengusulan kedua kesenian itu menjadi WBTB dilakukan mulai tahun ini. Saat ini Disbudpar Kudus tengah mempersiapkan kelengkapannya.

Mulai dari mencari informasi ke pelaku usaha barongan dan wayang klitik, ke pelestari kedua budaya itu, dan ke narasumber lainnya.

Kabid Kebudayaan Disbudpar Kudus Lilik Ngesti menyampaikan pihaknya tidak memiliki target penyelesaian.

”Kalau target selesainya tentu belum bisa dipastikan. Yang jelas kami usulkan mulai tahun ini. Kami juga sudah persiapkan kelengkapannya untuk diserahkan ke BPNB,” jelasnya.

Ditanya soal kelengkapan cerita, Lilik mengatakan kelengkapannya terdiri dari sejarah kesenian, asal usul, dan lain sebagainya.

”Masih membutuhkan kelengkapan cerita kesenian itu, sejarahnya, asal usulnya dan seberapa besar mempengaruhi masyarakat,” sambungnya.

Lilik menambahkan, pihaknya wajib menggali kesenian asli Kudus untuk diwariskan ke generasi penerus. ”Pertama generasi penerus wajib tahu, selain itu ada juga ketakutan diklaim oleh daerah lain,” tuturnya.

Nantinya, setelah diusulkan ke BPNB Yogyakarta dan disetujui, kesenian barongan dan wayang klitik secara langsung menjadi milik Kudus sehingga tidak dapat diklaim daerah lainnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...