Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pandemi, Festival Batik Bakaran Pati Digelar Virtual

MURIANEWS, Pati – Desa Bakaran Wetan, Kecamatan Juwana menggelar Festival batik secara virtual, Kamis (8/10/2020). Ada 36 motif batik dari tujuh pengrajin lokal yang dipamerkan.

Kepala Desa Bakaran Wetan Wahyu Supriyo mengatakan, pameran ini merupakan upaya untuk mempromosikan batik lokal. Mengingat, masih banyak masyarakat yang ternyata belum mengetahui batik bakaran ini.

“Di kalangan tertentu, batik bakaran ini mungkin sudah diketahui. Tetapi bagi masyarakat secara umum, ada banyak yang belum tahu, termasuk proses pembuatannya,” terang Wahyu.

Kades Bakaran Wetan memegang canting untuk membatik batik bakaran. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Dia menambahkan, sebagai upaya promosi dan branding batik bakaran, dirinya berencana akan mengadakan festival batik dalam setiap tahunnya. Selain itu juga untuk memperingati hari batik nasional.

Lebih lanjut, kategori batik di bakaran ini adalah batik tulis. Prosesnya pun cukup rumit lantaran harus menggunakan canting. Menurutnya, membatik juga merupakan bagian dari budaya. Sehingga, masyarakat patut untuk mengembangkan.

“Dengan festival ini, batik bakaran akan lebih dikenal banyak kalangan. Selain itu juga untuk mendongkrak pemasaran batik,” imbuhnya.

Di Desa Bakaran Wetan sendiri, sejauh ini ada tujuh pengrajin batik yang cukup besar. Bahkan dapat menyuplai kebutuhan batil di luar daerah. Sementara pengrajin home industri, diakui cukup banyak.

“Ini produk unggulan desa kami, masyarakat juga banyak yang mengrajin batik. Karena itu, kami dari pihak desa membantu mempromosikan termasuk mellaui festival batik ini,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya festival ini, para pengrajin batil bakaran dapat meningkatkan produktifitas dan mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...