Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jaga Kebugaran, Olahraga Secara Individu Lebih Aman Saat Pandemi

MURIANEWS, Kudus – Masa pandemi bukan berarti berhenti berolahraga. Justru dengan berolahraga akan meningkatkan imunitas.

Tapi harus diperhatikan juga tata cara berolahraga yang aman di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satunya dengan berolahraga secara mandiri.

Berolahraga secara mandiri lebih aman lantaran tidak ada kontak dengan orang lain. Hal itu disampaikan Rio Hananta Wisnu, seorang fisioterapi yang membuka praktik di Desa Jepang Pakis, Jati, Kudus.

Ditemui di klinik prakteknya, mengatakan banyak cara untuk tetap bugar di masa pandemi.

”Karena saat ini masih pandemi, jadi lebih aman ketika olahraga dilakukan secara individu. Sehingga tidak ada kontak dengan orang lain,” katanya Kamis (08/10/2020).

Dia mengatakan, ada beragam pilihan olahraga individu yang dapat dicoba. Mulai dari aerobik, yoga, treadmill, bersepeda, jogging dan olahraga lainnya.

Selain itu, ada hal yang juga perlu dipersiapkan sebelum berolahraga. Mulai dari membawa handuk pribadi, membawa botol minum pribadi, membawa hand sanitizer, dan memakai masker.

”Misal mau ke gym juga, itu harus diperhatikan. Apakah setelah dipakai, alat-alat yang tersedia di gym dibersihkan atau enggak itu juga harus diperhatikan. Soalnya kalau di tempat gym yang pakai kan banyak dan enggak tau mereka terpapar atau tidak,” ujarnya.

Soal durasi berolahraga, pemuda kelahiran Kudus 16 November 1995 itu menyampaikan ideal durasinya 30 menit. Durasi setengah jam itu sudah bisa membakar kalori.

”Yang penting jangan dipaksa. Karena kalau melebihi batas kemampuan bisa menurunkan imun. Karena kondisi capek itu biasanya menurunkan imun,” paparnya.

Rio yang juga pernah bekerja sebagai fisioterapi tim basket IBL Louvre Surabaya itu memberikan tips makanan yang dapat dikonsumsi. Utamanya di masa pandemi seperti ini.

”Nutrisi harus lebih diperbanyak. Karena itu untuk menjaga imunitas kita. Bisa perkaya makanan yang mengandung protein, lalu ditambah susu dan vitamin C,” pungkasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...