Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pedagang Pasar di Kudus Disiapkan Aplikasi Lapak untuk Urus Izin SP dan Retribusi

MURIANEWS, Kudus – Dinas Perdagangan Kudus saat ini merancang aplikasi, yang  bernama Aplikasi Lapak (Layanan Elektronik Pedagang Pasar Rakyat). Pasar Rakyat di sini, bukan diartikan hanya untuk Pasar Rakyat yang berada satu kompleks dengan Pasar Baru.

Melainkan, bisa digunakan untuk seluruh pasar tradisional di Kabupaten Kudus. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan interaksi antara pedagang dan Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanta mengatakan, aplikasi tersebut, nantinya bisa langsung di-download melalui Playstore. Fungsinya mempunyai fungsi untuk mengajukan pembuatan dan perpanjangan izin atau surat pendasaran (SP).

“Saat ini masih tahap finishing. Akan di-launching sekitar satu pekan ke depan. Saat launcing nanti, ada dua pasar akan menjadi pilot project yakni Pasar Baru dan Pasar Kliwon,” katanya, Kamis (8/10/2020).

Selain itu, aplikasi Lapak ini juga bisa digunakan untuk melihat tagihan retribusi. Pedagang juga bisa melakukan komplain, keluhan, masukan dan saran terkait pengelolaan pasar.

“Setelah launching nanti ada petugas yang menyosialisasikan door to door ( dari kios ke kios). Pelayanan manual juga masih ada, jadi misal ada pedagang yang tidak punya HP bisa menggunakan pelayanan manual,” jelasnya.

Dengan adanya aplikasi tersebut, diharapkan bisa mempermudah pedagang dengan pelayanan-pelayanan yang ada di dalamnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...