Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pati Bakal Kembangkan Wisata Bahari

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bakal mengembangkan wisata bahari. Bahkan sejumlah upaya pembebasan lahan pun sudah dilakukan. Langkah itu adalah sebagai bentuk pengembangan berkelanjutan, mengingat potensi perikanan di wilayah timur cukup menjanjikan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, selain wisata bahari pihaknya juga akan mengembangkan kampung nelayan. Di wilayah Kecamatan Juwana sendiri, ada Desa Bendar dan Bajomulyo. Kemudian di wilayah utara ada Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti.

“Dua tahun ini sudah kami bebaskan lahan, kemudian telah dilakukan pula pengecoran jalan sampai ke dermaganya dan tempat kapalnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sejauh ini, kesiapan nelayan di wilayah pesisir sudah bagus. Bahkan saran dan prasaran juga sudah disiapkan untuk mendukung kesejahteraan nelayan.

“Untuk kampung nelayan ini, nantinya hasil laut tidak langsung dijual, tetapi ada juga yang diolah menjadi makanan siap saji,” imbuhnya.

Selama ini yang sudah berjalan, ikan diolah menjadi presto, fillet, pemindangan, dan lainnya. Setiap hari hasil pengolahan tidak kurang dari 375 ton per hari. Sehingga kami tidak hanya mensuplai di Kabupaten Pati saja tapi juga daerah lain.

“Semoga ide-ide yang cukup bagus ini nanti bisa dinikmati oleh masyarakat kecil,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...