Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pupuk Bersubsidi Didrop Sesuai Usulan, Bupati Pati: Kalau Kurang Ada yang Main-Main

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto mengaku sudah menggelontorkan pupuk bersubsidi melalui dinas terkait. Penggelontoran itu dipastikan sudah sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) petani.

Dia menyebut, jumlah kebutuhannya sudah dikalkulasi dengan tepat. Sehingga apabila ada kekurangan, berarti ada yang bermain-main dengan pendistribusian pupuk untuk pertanian rakyat tersebut.

“Jumlah yang sudah dikalkulasi sesuai dengan usulan RDKK sudah terpenuhi dan cukup. Jika ada kekurangan pupuk berarti ada yang main-main dari temen-temen kelompok atau pelaku-pelaku yang menangani pupuk ini,” ungkap Haryanto.

Untuk pengambilannya, sesuai dengan mekanisme yang ada, yakni menggunakan kartu tani. Namun, ada sedikit kelonggaran bagi petani yang tidak memiliki kartu tani, yaitu dengan menebus secara manual.

“Jika tidak memiliki kartu tani dapat menebus (membeli) secara manual dengan cara sudah masuk dalam RDKK,” imbuhnya.

Apabila pengambilan manual masih terjadi kendala, maka para petani dapat datang langsung ke Bank BPD yang ada di masing-masing kecamatan.

“Untuk alokasi pupuk di Kabupaten Pati sudah dibagikan kepada penyedia yang berada di kecamatan masing-masing. Jenis pupuk yang dibagikan tergolong lengkap dengan adanya pupuk Urea, TSP dan Za,” terangnya.

Dirinya berharap, penggelontoran pupuk bersubsidi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Karena ini adalah kebutuhan penting dalam pertanian, sehingga dapat menopang ketahanan pangan yang ada di wilayah Pati.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...