Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Corona di Kudus Melonjak, Ada 42 Pasien Baru dalam Sehari

MURIANEWS, Kudus – Kasus terkonfirmasi positif corona melonjak tajam pada Rabu (8/10/2020) malam. Terdapat penambahan yang signifikan yakni sebanyak 42 pasien baru.

Sehingga menambah kasus terkonfirmasi total menjadi 1.677 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, penambahan pasien baru tersebar di semua kecamatan di Kudus.

Yang paling banyak dari Kecamatan Kota, yakni sebanyak 14 pasien baru. Disusul Kecamatan Jati ada sebanyak tujuh orang, Kecamatan Kaliwungu ada lima orang, lalu masing-masing empat orang dari Kecamatan Gebog, Dawe, dan Bae.

“Kemudian dua orang dari Jekulo dan masing-masing satu dari Undaan dan Mejobo,” katanya, Kamis (8/10/2020) pagi.

Andini menambahkan, bagi pasien yang tak memiliki penyakit penyerta dan tak bergejala, akan dipersilahkan untuk isolasi mandiri. Namun, jika bergejala dan memiliki penyakit penyerta, maka akan dirawat di rumah sakit rujukan.

“Agar mendapatkan penanganan yang intensif,” ujarnya.

View this post on Instagram

Isolasi mandiri di rumah digaungkan dan menjadi cara terbaik untuk memutuskan transmisi atau penyebaran penularan virus corona sebagai penyebab Covid-19. Namun, masih banyak yang bertanya tentang bagaimana dan apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukannya selama menjalani masa isolasi mandiri yaitu 14 hari. Berikut MURIANEWS memberikan penjelasan bagaimana menjalani isolasi mandiri yang benar. #indonesia #jawatengah #murianews #murianewscom #berita #news #foto #jurnalis #wartawan #instagram #instagood #instapic #indonesiahits #indonesianews #kabarnasional #indonesiaupdate #kabarindonesia #infonasional #infoindonesia #viral #isolasimandiri #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Andini pun mewanti-wanti agar masyarakat Kudus bisa terus menerapkan protokol kesehatan yang ada. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang dianjurkan, hingga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Dengan begitu bisa mencegah adanya penularan yang lebih masif lagi,” kata dia.

Pasien yang kini tengah menjalani isolasi mandiri baik suspek maupun positif juga diminta untuk melaksanakannya dengan benar. Sehingga bisa memutus mata rantai penularannya.

“Di rumah sakit, semua tenaga kesehatan berjuang untuk menyembuhkan pasien-pasien corona dengan penyakit penyertanya,” tambah dia.

Sementara hingga kini, pasien aktif corona di Kudus menjadi 244 pasien. Dari jumlah itu, 52 pasien di antaranya dirawat, 191 pasien menjalani isolasi mandiri, dan satu pasien dirujuk.

Untuk kasus kesembuhan pasien, kini mencapai 1.230 orang. Sementara untuk kematian, kini berada di angka 203 orang.

Kemudian ada 883 kontak erat masih dipantau, 146 suspek, dan 50 probable. Dari 146 suspek dalam wilayah sebayak 64 dirawat, 71 isolasi mandiri dan 11 dirujuk. Untuk 50 kasus probable dalam wilayah, semuanya meninggal dunia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...