Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Baliho dan Spanduk Bergambar Calon Bupati Petahana di Grobogan Dicopot Bawaslu

 

MURIANEWS, Grobogan – Penertiban baliho dan spanduk yang di dalamnya terdapat gambar Calon Bupati Grobogan Sri Sumarni dilakukan Bawaslu Grobogan, Rabu (7/10/2020). Sebagian besar yang dicopot adalah baliho dan spanduk program kerja Pemkab Grobogan.

Penertiban yang dilakukan secara serentak ini melibatkan Satpol PP, kepolisian, Dishub serta Panwas tingkat kecamatan.

Komisioner Bawaslu Grobogan Moh Syahirul Alim mengatakan, penertiban itu dilakukan karena saat ini sudah masa kampanye. Di mana, petahana statusnya sudah cuti di luar tanggungan negara dan saat ini merupakan calon bupati dalam Pilkada 2020.

Di samping itu, sejak masuk masa kampanye, sudah ditunjuk seorang Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Grobogan.

“Yang kita tertibkan ini bukan alat peraga kampanye (APK). Tetapi spanduk dan baliho program kerja Pemkab Grobogan yang di dalamnya ada gambar petahana. Nanti setelah Pilkada, baliho dan spanduk tersebut boleh dipasang lagi,” jelasnya.

Menurut Syahirul, sebelum dilakukan penertiban, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada dinas dan instansi terkait untuk menutup atau menurunkan baliho berisi gambar petahana tersebut.

Namun demikian, masih terdapat sejumlah baliho dan spanduk yang masih terpasang. Oleh sebab itulah, pihaknya bersama instansi terkait kemudian melakukan upaya penertiban serentak pada hari ini.

Meski demikian, masih ada sejumlah baliho berukuran besar yang belum dilepas. Hal itu disebabkan Bawaslu terkendala alat untuk melepas baliho besar yang dipasang dengan ketinggian sekitar 10 meter tersebut.

“Untuk baliho yang ukurannya besar dan tinggi ini akan kita tertibkan besok. Kita minta bantuan dari dinas yang punya crane untuk menurunkan baliho itu,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...