Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Taman Budaya Jepara Butuh Rp 120 Miliar, 2021 Diajukan Rp 1 Miliar

MURIANEWS, Jepara – Rencana pembangunan Taman Budaya Jepara, masih terus dirintis oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara. Proses yang dilakukan sejauh ini sudah mencapai tahap sosialiasi dan penyusunan master plan.

Hanya, karena pandemi Covid yang terjadi, rencana ini mengalami kendala. Meski begitu, proses perencanaan masih terus dilanjutkan.

Plt Kepala Disparbud Jepara Zamroni Listiaza menyatakan, untuk tahapan sosialisai dan pembuatan master plan, pihaknya sudah melaksanakannya. Tahapan itu merupakan tahapan awal dari perencanaan pembangunan Taman Budaya Jepara ini.

Pada proses ini pihaknya sudah membahasnya bersama dengan tokoh seniman dan budayawan Jepara. Mereka sudah dimintai pendapatnya untuk rencana ini.

Sesuai dengan master plan, konsep Taman Budaya Jepara ini akan membutuhkan biaya sampai Rp 120 miliar. Disparta Jepara sendiri baru mengusulkan pada APBD 2021 alokasi sebesar Rp 1 miliar.

Sampai saat ini alokasi tersebut juga belum bisa dipastikan disetujui oleh DPRD Jepara atau tidak. Jumlah Rp 1 miliar itu merupakan rencana anggaran yang disampaikan Disparta, untuk mengawali realisasi rencana pembangunan Taman Budaya Jepara ini.

“Jadi angka Rp 120 miliar itu kan perkiraan kebutuhan biaya yang didasarkan pada master plan yang ada. Bukan kami ajukan sebesar itu sekaligus. Jadi kalau ada kabar kami mengajukan Rp 120 miliar untuk Taman Budaya Jepara, itu tidak benar,” ujar Zamroni Listiaza, Rabu (7/10/2020).

Dijelaskan oleh Zamroni Listiaza, pada APBD 2021 yang saat ini masih dalam proses, pihaknya secara keseluruhan mengajukan anggaran sebesar kurang lebih Rp 15 miliar. Anggaran ini merupakan anggaran total di Disparta Jepara. Penggunaannya meliputi untuk gaji pegawai, kegiatan rutin, dan tahapan awal rintisan pembangunan Taman Budaya Jepara termasuk diantaranya.

Jadi untuk rencana Taman Budaya Jepara,  tetap akan dilakukan rintisan. Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Dengan kebutuhan anggaran yang besar, rencana ini kemungkinan juga tidak akan semuanya menggunakan dana dari APBD Jepara.

Semua kemungkinan sampai saat ini masih terus dijajagi. Namun satu hal yang pasti, rencana pembangunan ini masih terus dilakukan, meski dengan bertahap.

“Jadi untuk tahun 2021, semua anggaran di masing-masing OPD masih akan terkena rasionalisasi karena adanya pandemi Covid-19. Di tempat kami secara keseluruhan hanya mengajukan kurang lebih Rp15 Miliar. Semua juga masih dalam proses, apakah ajuan kami itu disetujui atau tidak, juga belum tau,” tambah Zamroni Listiaza.

Gagasan membangun Taman Budaya Jepara mengapung sejak tahun lalu. Gagsan ini bahkan disampaikan sendiri oleh Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Pada perkembangan terakhir, Pemkab Jepara bahkan sudah menentukan lokasi pembangunannya di Pakis Aji berdekatan dengan lokasi Bumi Perkemahan Pakis Aji. Lahan yang akan digunakan adalah lahan milik Perumda Jepara

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...