Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lama Kosong, Lima Jabatan Eselon II di Pemkab Jepara Resmi Dilelang

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara akhirnya mengumumkan secara resmi mengenai rencana pengisian jabatan untuk lima jabatan Eselon II yang selama ini kosong.

Pantia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), Rabu (7/10/2020) menyampaikan, surat edaran mengenai pengumuman dilakukannya Seleksi Terbuka untuk pengisian jabatan ini ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua Tim Pansel JPTP Jepara Sholih menyatakan, ada lima jabatan Eselon II di Pemkab Jepara yang pengisiannya akan dilakukan dengan sistem seleksi terbuka. Masing-masing adalah Kepala Bapeda, Kepala Diskominfo, Kepala BKD, Kepala Disparta dan Kepala Dinsospermades.

Untuk jabatan-jabatan di lima OPD tersebut selama ini masih kosong dan diemban oleh para Pelaksana Tugas (Plt).

Karena itu, terkait dengan akan dilakukannya pengisian jabatan ini secara seleksi terbuka, maka Timsel JPTP membuka pendaftaran untuk mereka yang memenuhi syarat. Pendaftaran akan dibuka mulai 7 Oktober 2020 sampai dengan 13 Oktober 2020. Sedangkan untuk informasi persyaratan dan tahapan seleksi bisa diakses secara online melalui website https://bkd.jepara.go.id .

“Iya memang dalam rangka pengisian jabatan eselon II yang kosong, Pemkab Jepara akan melakukan pengisian jabatan tersebut melalui seleksi terbuka. Proses pendaftarannya dibuka mulai hari ini,” kata Sholih, Rabu (7/10/2020).

Timsel JPTP Jepara sendiri menurut Sholih sudah ditunjuk oleh Bupati Jepara. Ada beberapa orang yang terlibat di dalam Timsel JPTP ini. Di antaranya dari kalangan akademisi, birokrat (PNS) dan tokoh masyarakat. Dirinya sebagai Ketua Timsel JPTP, dibantu oleh KH Mashudi (Akademisi), Chaeron Syarifudin (tokoh masyarakat), Sujarot dan Mulyaji dari unsure birokrat (PNS).

Nantinya akan ada 3 tahapan dalam seleksi yang akan dilaksanakan. Tahapan pertama adalah penilaian administrasi dari pendaftaran. Kemudian dilanjutkan dengan proses assessment yang akan dilakukan oleh Assesor dan Timsel JPTP.

Selanjutnya juga akan dilakukan tahapan wawancara dan uji gagasan. Dari nama-nama yang memenuhi criteria, akan diserahkan kepada Bupati Jepara untuk ditunjuk mengisi jabatan-jabatan tersebut.

“Sesuai dengan yang sudah kami sampaikan, maka tahapannya akan ada tiga. Mulai dari penilaian administratif, assessment, dan wawancara uji gagasan. Tahapan-tahapan itu yang akan dilalui oleh para peserta seleksi nantinya. Sedangkan penentunya tetap pada bupati,” tambah Sholih.

Terpisah, Plt Ketua BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Jepara Samiaji membenarkan tentang hal ini. Pemkab Jepara, melalui Timsel JPTP memang membuka pendaftaran seleksi  Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Prosesnya seleksi akan dilakukan secara terbuka sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...