Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tahun Lalu Sudah Ditunda, Pilkades Dua Desa di Blora Tahun Ini Kembali Tertunda

MURIANEWS, Blora – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) du Desa Desa Dringo, Kecamatan Todanan, dan Desa Biting, Kecamatan Sambong Blora, dipastikan ditunda pelaksanaannya. Kedua desa ini direncanakan akan melaksanakan pilkades pada 2021 mendatang.

Dua desa ini seharusnya mengikuti pilkades serentak pada 2019 lalu. Hanya saja terpaksa ditunda karena di kedua desa ini hanya memiliki satu calon kades.

Kemudian direncanakan pada 2020 ini. Namun pada tahun ini pun kembali ditunda, lantaran ada pilkada serentak. Kini jabatan kades di kedua desa ini diisi oleh Plt dari kecamatan setempat.

Dwi Edy Setiawan, Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyrakat Dan Desa (PMD) Blora mengatakan, penundaan sesuai dengan surat edaran dari Kemendagri.

“Karena ada surat edaran mendagri, pilkades didundur karena ada program strategis nasional pilkada,’’ katanya, Rabu (7/10/2020).

Edy menjekaskan penundaan, bukan hanya di Blora saja, tetapi menyeluruh di Indonesia. Surat edaran mendagri sendiri sudah turun sejak Agustus 2019 lalu.

Sehingga PMD menyampaikan nota dinas ke bupati terkait penundaan pilkades.  “Jadi dianggarkan lagi tahun depan,’’ jelasnya.

Pihaknya menambahkan untuk anggaran pelaksanaan pilkades tahun ini, dari Pemkab menyiapkan dana sebanyak Rp 55 juta untuk kedua desa. Terdiri dari Rp 28 juta untuk Desa Dringo dan Rp 27 juta untuk Desa Bitingan.

“Anggaran tersebut kemudian dialihkan menjadi bantuan keuangan infratruktur desa, dalam APBD Perubahan,’’ imbuhnya.

Untuk tahun depan, PMD sudah membuat nota dinas ke Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora guna menyiapkan anggaran kembali untuk pilkades.

“Hanya saja untuk tahun depan kami belum bisa memastikan dilaksanakan di bulan apa. Karena belum dijadwalkan,’’ imbuhnya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...