Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

FSPK Pati Bakal Lakukan Uji Materiil UU Cipta Kerja ke MK

MURIANEWS, Pati – Federasi Serikat Pekerja Keadilan (FSPK) Kabupaten Pati bakal mengajukan uji materiil terkait Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Hal itu lantaran ada poin-poin yang justru merugikan para pekerja.

Ketua FSPK Pati Edi Siswanto mengatakan, ada banyak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait disahkannya UU Cipta Kerja tersebut. Karena itu, pihaknya juga akan andil dalam pengajuan gugatan tersebut.

“Ini sudah kami rencanakan. Memang di Pati tidak ada aksi, tetapi kami akan mengajukan gugatan ke MK,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, langkah konstitusional ini dinilainya jalan terbaik untuk membatalkan UU Cipta Kerja. Mengingat, pasal-pasal yang disusun, hanya menguntungkan kelompok kapital.

“Ada banyak pasal yang mengabaikan kepentingan dan hak para pekerja. Ini akan menjadi fokus perhatian kami,” tegasnya.

Disamping mengambil langkah konstitusional, pihaknya juga akan mendesak Presiden Joko Widodo untuk tidak menandatangani UU Cipta Kerja tersebut.

“Kami dan kawan-kawan akan memperjuangkan hal itu. Bagaimana nasib para pekerja kalau Undang-Undangnya saja lebih memihak kepada para pemodal. Kami ini rakyat kecil, butuh peehatian pemerintah,” cetusnya.

Saat ini, hampir semua buruh merasa terpukul dengan disahkannya UU Cipta Kerja itu. Terutama terkait adanya pengurangan-pengurangan klausul yang berkaitan dengan pekerja dengan klausul yang memihak para pemodal tidak mencerminkan keadilan sosial.

“DPR telah melukai hati kami, maka langkah konstitusinal akan kami tempuh,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...