Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jalan KHR Asnawi Kudus Selalu Tergenang Saat Hujan, Ini Penyebab dan Rencana Mengatasinya

 

MURIANEWS, Kudus – Sepanjang Jalan KHR Asnawi sampai Perempatan Jember Kudus sering tergenang air setiap turun hujan. Seperti yang terjadi saat hujan deras melanda Kudus, Selasa (06/10/2020) petang kemarin.

Dari pantauan MURIANEWS, sekitar pukul 17.57 di sepanjang Jalan KHR Asnawi tergenang air. Tingginya hampir mencapai lutut orang dewasa.

Tak jarang beberapa kendaraan yang melewati mengalami mogok. Ada juga pengguna jalan yang motornya tak dapat menerjang luapan air, sehingga harus dibantu untuk menepi.

Salah seorang warga asal Prambatan Kudus bahkan harus mengendarai motornya lewat trotoar.

“Airnya tinggi. Ini mau pulang tidak bisa. Nunggu dulu karena sebelah barat sana airnya juga tinggi. Kalau ke timur arah Menara Kudus bisa dilewati karena enggak banjir,” ujarnya.

Banjir menggenangi Jalan KHR Asnawi Kudus saat hujan Selasa (6/10/2020). (MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

Selalu tergenangnya jalan itu diduga disebabkan ukuran drainase yang tidak memadai.

Selain itu, aliran air dari hulu (sepanjang Jalan KHR Asnawi sebelum Perempatan Jember) memang terlalu deras.

Untuk menanggulangi debit air yang terlalu besar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus berencana akan memecah aliran air di jalan tersebut. Aliran air dari utara akan diarahkan ke timur.

Kabid Tata Bangunan dan Drainase Dinas PUPR Kudus Apriliani Hidayati berencana mengusulkan rencana ini mulai tahun depan.

“Di 2021 kami usulkan air dari utara yakni sepanjang Jalan KHR Asnawi sebelum Perempatan Jember agar dialirkan ke timur menuju Jalan Ahmad Dahlan sampai Jalan Turaichan Adjhuri,” jelasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...