Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Berizin, Kasus Karaoke WBar Dilimpahkan ke PN Jepara

MURIANEWS, Jepara – Satpol PP dan Pemadam kebakaran Kabupaten Jepara akhirnya membawa kasus pelanggaran protokol kesehatan dan izin usaha Karaoke WBar ke jalur hukum.

Setelah melakukan razia terhadap keberadaan kafe dan karaoke ini, Satpol PP Jepara kemudian melakukan Berita Acara Penyidikan (BAP) terhadap pemilik kafe. Terakhir, BAP yang dilaksanakan sudah  di kirimkan ke Pengadilan Negeri (PN) Jepara.

Kepala Satpol PP Jepara Abdul Syukur menyatakan, menyusul razia yang dilakukan oleh Tim Gabungan di Kafe Karaoke WBar, pihaknya melanjutkan dengan proses BAP. Proses ini dilaksanakan pada Senin (5/10/2020), terhadap pemilik usaha ini.

Pemilik usaha hadir menjalani proses BAP dan selanjutnya berkas BAP juga sudah disampaikan ke PN Jepara, pada Selasa (6/10/2020).

“Iya, untuk penanganan selanjutnya sudah kami sampaikan berkas BAP-nya ke PN Jepara. Kasus ini kami ajukan sebagai kasus Tindak Pidana Ringan. Kafe karaoke ini diduga melanggar Perda Tentang Usaha Pariwisata. Karena memang tidak ada izinnya,” ujar Abdul Syukur, Selasa (6/10/2020).

Syukur menyebutkan, dalam hal ini PN Jepara juga sudah menyampaikan jadwal persidangannya. Sesuai dengan informasi yang diperoleh dari PN Jepara, persidangan mengenai kasus tipiring ini akan digelar pada Kamis (8/10/2020) lusa.

Dalam hal ini, pihaknya juga sudah menyiapkan bukti-bukti yang diperlukan dalam persidangan.

Pada razia yang dilakukan Tim Gabungan, sebelumnya Satpol PP Jepara sudah menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah minuman keras dan peralatan karaoke yang diambil dari lokasi usaha yang di Jalan Raya Jepara-Bangsri.

Pemilik usaha karaoke ini didakwa telah melanggar Perda No 9 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata. Sampai saat ini Satpol PP Jepara juga masih menutup usaha tersebut, sejak dilakukan razia pada pekan lalu.

“Selagi belum ada izinnya, maka usaha yang dilakukan tetap kami tutup. Tidak diperkenankan dibuka kembali sebelum ada izin yang sesuai dengan Perda No 9 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata,” tegas Abdul Syukur.

Seperti yang pernah diberitakan sejumlah media, Kafe Karaoke WBar yang berada di Jalan Raya Jepara-Bangsri, akhirnya dirazia oleh Tim Gabungan Pemkab Jepara. Kejadian ini berlangsung pada Rabu (30/9/2020) malam.

Dalam razia ini Tim Gabungan sempat menyita sejumlah barang bukti dugaan pelanggaran Perda No 9 Tahun 2020. Selain tidak memiliki izin, kegiatan di kafe ini juga dinilai melanggar protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...